Wamentan Tinjau Kebun Pecontohan Kelompok Tani Giripurwa

Berdayakan Pertanian di Wilayah Penyangga IKN


07 Des 2022, 08:57:01 WIB

Wamentan Tinjau Kebun Pecontohan Kelompok Tani Giripurwa

KUNKER: Wamentan RI Harvick Husnul Qolbi beserta rombongan disambut Plt Bupati PPU Hamdam.


PENAJAM – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam menerima kunjungan kerja (kunker) Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Husnul Qolbi beserta rombongan ke Kabupaten PPU, Senin (5/12).

Dalam kunjungan itu, Wamentan  mendatangi Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta melakukan peninjauan kebun percontohan Kelompok Tani Harapan Baru Desa Giripurwa Kecamatan Penajam Kabupaten PPU.

Saat meninjau lokasi Titik Nol IKN Nusantara, Wamentan mengatakan melihat kondisi untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara tentu menyangkut kebutuhan pangan penduduk sekitar nantinya.

Ia juga berpendapat untuk ke depannya akan segera merangkul sektor pertanian di daerah penyangga IKN Nusantara, salah satunya yaitu Kabupaten PPU.

“Untuk kedepan, kabupaten atau kota penyangga IKN Nusantara yang memiliki potensi pertanian ini akan segera kita berdayakan berupa program-program yang tepat sasaran. Agar IKN ini segera bisa diakselerasi dan segera menjadi Ibu Kota,” terangnya.

Usai berkunjung lokasi Titik Nol IKN Nusantara, Wamentan beserta rombongan melanjutkan kunker meninjau perkebunan hortikultura lahan Kelompok Tani Harapan Baru serta berdialog bersama kelompok tani lainnya di Desa Giripurwa.

“Mudah-mudahan dengan adanya aspirasi dari petani, peternak, pekebun, agar bisa segera dilaksanakan secara sistematis, terutama soal pengadaan tadi. Kemudian bantuan juga berupa alsintan (alat mesin pertanian) dan lain-lain, coba kita laksanakan di tahun 2023,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati PPU juga mengatakan jika dirinya sangat bersyukur karena Wamentan telah bersedia berkunjung ke Kabupaten PPU, khususnya untuk melihat langsung kemajuan pertanian di Benuo Taka ini. Karena Kabupaten PPU merupakan salah satu kabupaten yang siap untuk menyanggah kebutuhan pangan bagi IKN maupun kebutuhan nasional ke depan.

“Alhamdulillah hari ini saya punya kesempatan yang cukup lama berbincang dengan beliau, mulai dari Balikpapan sampai di sini (Giripurwa). Sudah banyak yang saya sampaikan, tetapi pada kesempatan hari ini tentu beliau juga ingin mendengarkan

langsung dari petani sekalian yang merupakan para pahlawan pangan kita,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan sektor pertanian di Kabupaten PPU dapat memberikan andil dalam menjaga ketahan pangan menuju kedaulatan pangan nasional.

“Semoga Kabupaten PPU dapat berkontribusi maksimal dalam menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional dengan dukungan penuh Kementerian Pertanian dan seluruh stakeholder pertanian baik pusat maupun daerah,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Wamentan menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2023 kepada Pemkab PPU. diantaranya berupa 500 H padi biofortifikasi, 3 unit traktor R2, 3 unit pompa air dan kredit usaha rakyat dengan plafon kredit 10 miliar. (*/zan/diskominfoppu)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di