Vespa Klasik Elektrik dari Elders Elettrico

Dukung Indonesia untuk Ramah Lingkungan


25 Jan 2023, 08:45:51 WIB

Vespa Klasik Elektrik dari Elders Elettrico

BERUBAH: Vesva listrik yang telah dimodifikasi Elders Elettrico. (Oky/Balpos)


BALIKPAPAN --Salah satu peserta pameran pada kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan adalah Elders Electrico dan PLN memamerkan kendaraan listrik.

Elders Electrico memamerkan vespa klasik namun spesialnya dengan tenaga listrik, tanpa BBM.

Keberadaan Elders Elettrico  juga didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan bengkel usaha kecil menengah untuk konversi motor BBM ke listrik.

"Kerja sama dengan bengkel tersertifikasi ini diharapkan bisa mempercepat tercapainya konversi motor listrik pada 2030," ujar Lucky Orca  Head of Marketing Elders Elettrico .

Salah satu bengkel yang melayani konversi motor BBM ke motor listrik adalah Elders Garage.

"Bergerak di bidang modifikasi motor, Elders Garage melihat potensi kendaraan listrik untuk pasar dalam negeri sejak awal 2022," jelasnya

Kini bengkel yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan ini fokus untuk kalangan hobi motor yakni mengkonversi motor tua menjadi motor listrik.

"Sejumlah motor tua yang bisa dikonversi seperti Vespa, Honda Astra dan Honda C70. Setidaknya 120 kendaraan telah dikonvesi ke listrik," jelas Lucky.

Konversi motor tua dikalangan pehobi motor dianggap lebih mudah karena rata-rata pehobi tak keberatan dengan biaya.

"Elders mendukung program pemerintah untuk untuk konversi dari motor BBM ke motor listrik. Keunggulan tentu ramah lingkungan, tidak menggunakan BBM, tidak ada oli samping, biasnya kalau vespa sehari menghabiskan BBM 30-40 ribu namun kalau vespa elektrik ini dari nol sampai 100 km hanya Rp 2500," kata Lucky kembali.

Untuk  jarak tempuh dengan kondisi baterai vespa penuh bisa 70 sampai 85 KM untuk vespa elektrik ini. Gaya klasik yang menjadi kenangan dan memiliki sejuta kenagan kini sudah bisa bebas jalan tanpa mogok lagi di jalan raya.

"Respon dari masyarakat tentu, banyak kalangan masyarakat yang menyukai apalagi di kami juga memiliki komunitas motor Vespa Electric for Reading Club," ujarnya.

Ketika semua kendaraan telah di konversikan dari BBM ke elektrik tentu ini menjadi bagian yang spesial dari Elders Elettrico  karena motor klasik bisa di sulap tampilannya menjadi motor elecktrik. Apalagi dengan kendaraan elektrik ini menjadi masa Depan Indonesia untuk mendukung IKN.

Tak hanya itu PLN pun telah siap untuk mengenalkan kendaraan motor listriknya sebagai contoh dan telah menyiapkan bentuk SPKLU tempat pengisihan charge batere motor listrik.

"PLN kedepannya telah siap menyambut perpindahan dari kendaran menggunakan bbm yang di konversikan keistrik," ucap Ariyansyah Manager Mekanisme  PLN Niaga UID Kaltimra.

PLN sepenuhnya mendukung program pemerintah dan mendukung teknologi go green untuk Indonesia dan IKN.(oky/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di