Vaksin Booster Covid-19 Mulai Dilakukan di Balikpapan

Difokuskan 1.600 Peserta Pernah Divaksin Aztrazeneca Dosis 1 Minimal 6 Bulan


13 Jan 2022, 08:43:09 WIB

Vaksin Booster Covid-19 Mulai Dilakukan di Balikpapan

CEGAH CORONA:Vaksinasi Booster Covid-19 mulai dilakukan untuk masyarakat Balikpapan, di Gedung Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome Rabu (12/1/2022). Vaksin booster ini merupakan lanjutan dari vaksinasi primer dosis 1 atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya sebagai upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan mulai melaksanakan vaksinasi booster Covid-19, di Gedung Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, Rabu (12/1) mulai pukul 14.00 Wita.

"Kami tunggu-tunggu rilis bapak Presiden dan Pak Menkes keluarnya baru kemarin sore menjelang malam. Jadi persiapan acara kami mundurkan siang ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti selaku Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan kepada awak media.

Ia menjelaskan, pemberian vaksin booster ini, untuk hari pertama akan difokuskan kepada sekitar 1.600 peserta yang pernah mendapatkan vaksin jenis Aztrazeneca dosis satu dan dua minimal enam bulan yang lalu.

Sedangkan untuk peserta vaksin yang pernah diberikan vaksin jenis Sinovac dosis satu dan dua minimal enam bulan yang lalu, dijadwalkan akan diberikan vaksin booster hari ini Kamis (13/1).

Wanita yang akrab disapa Dio itu juga menuturkan, vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) bagi yang riwayatnya telah mendapatkan dosis satu dan duanya Aztrazeneca minimal 6 bulan lalu.

"Namun bagi yang telah mendapatkan dosis satu dan dua vaksin Sinovac minimal 6 bulan lalu akan kami buka pendaftaran besok. Sedangkan yang akan diberikan secara simbolis divaksin di panggung adalah perwakilan Sinovac," ujarnya.

Dirinya menerangkan, mengapa dilakukan pemisahan jadwal antara vaksin jenis Sinovac dan Aztrazeneca, supaya  pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan tertib dan vaksinator juga perlu beradaptasi dengan teknik baru.

"Hal itu juga sesuai arahan dari Menteri Kesehatan, bahwa peserta yang telah diberikan vaksin jenis Sinovac dosis satu dan dua dapat diberikan booster vaksin jenis  Pfizer atau Aztrazeneca. Sedangkan peserta yang telah diberikan vaksin jenis Aztrazeneca dosis satu dan dua dapat diberikan booster vaksin jenis Moderna," pungkasnya. (djo/vie)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di