UMKM Sektor Paling Tangguh Hadapi Resesi Ekonomi




24 Nov 2022, 08:24:56 WIB

UMKM Sektor Paling Tangguh Hadapi Resesi Ekonomi

PELATIHAN: Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Kaltim Riza Indra membuka pelatihan pengembangan usaha koperasi dan pelatihan pangan bagi UMKM. (IST)


SAMARINDA --Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi mengakui sektor yang paling tangguh saat menghadapi resesi ekonomi dunia adalah UMKM.

Dengan fakta itu, Pemprov Kaltim akan terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan UMKM agar lebih tahan banting dalam menghadapi berbagai kondisi buruk yang masih mungkin terjadi.

Apalagi kata Riza, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyampaikan jika tahun depan potensi resesi ekonomi dunia masih akan berlanjut.

Seperti diketahui, resesi ekonomi saat ini sedang berlangsung di sejumlah negara di kawasan Eropa utara dan Eropa tengah menyusul konflik Rusia-Ukraina yang belum juga terselesaikan hingga hari ini.

"Tahun 2023 kemungkinan akan berlanjut resesi ekonomi dunia. Saya akui, sektor yang paling kuat menghadapi resesi ini adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," puji Asisten Administrasi Umum Riza Indra Riadi saat mewakili Gubernur Kaltim membuka Pelatihan Pengembangan Usaha Koperasi dan Pelatihan Pangan Bagi UMKM di UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop Kaltim, dilansir dari IG pemprov_kaltim, Rabu (23/11).

Namun demikian Riza tetap berharap agar resesi ekonomi dunia tidak menyeberang sampai ke Indonesia, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional secara umum dan Kaltim khususnya akan terus bergerak secara positif.

Keyakinan lainnya karena menurut dia, Kaltim memiliki potensi ekonomi domestik yang masih sangat besar. Belum lagi penetapan Kaltim sebagai ibu kota baru Indonesia pun akan membuka peluang besar bagi pengembangan bisnis UMKM Kaltim.

"Program penguatan UMKM ini secara langsung juga mendukung visi Gubernur, yaitu Kaltim Berdaulat. Berdaulat yang dimaksud Pak Gubernur berarti UMKM kuat, kokoh dan tahan banting dengan kemampuan dari potensi kita sendiri," seru mantan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim itu.pemprov_kaltim

Sementara Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Kaltim Zainuddin Panani menjelaskan pelatihan diikuti masing-masing 30 peserta,

sehingga total ada 60 peserta.

"Saran Pak Asisten tadi kita perbanyak lagi pelatihan termasuk ke kabupaten dan kota. Semoga bermanfaat dan UMKM kita semakin kuat mendukung visi Kaltim Berdaulat," tandas Zainuddin Panani. (*/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di