Turnamen Sepakbola NMC Cup Resmi Dimulai

Berlangsung di Stadion Sadurengas, Diikuti 25 Klub


11 Sep 2021, 09:27:26 WIB

Turnamen Sepakbola NMC Cup Resmi Dimulai

DIMULAI: Pembukaan Turnamen Sepakbola NMC Cup yang dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Paser, Romif Erwinadi. TOMI/PASER POS


TANAH PASER- Ajang Turnamen Sepakbola NMC Cup yang sempat tertunda 4 bulan lamanya, akhirnya diselenggarakan meskipun dalam kondisi pandemi. Pelaksanaan dengan menerapkan protokol Kesehatan (prokes) yang ketat dan tanpa penonton di Stadion Sadurengas, Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Jumat (10/9).

Turnamen dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Paser, Romif Erwinadi mewakili Bupati Paser.

Dalam sambutan tertulis bupati yang dibacakan Romif menuturkan, permohonan maaf kepada pihak penyelenggara karena kompetisi tersebut terlambat selama 4 bulan dikarenakan kondisi pandemi yang sebelumnya sempat tinggi di Paser.

"Alhamdulillah saat ini sudah mengalami penurunan yang signifikan menjadi PPKM Level 3 di Paser. Harapannya dapat segera turun lagi ke level 2," ujar Romif.

Dikatakan, olahraga mempunyai sifat mempersatukan, karena dalam olahraga meninggalkan status profesi dan kembali kepada fitrah sebagai manusia yaitu mengandalkan kemampuan, terlebih lagi olahraga tersebut dilakukan secara kelompok, sehingga dibutuhkan kesabaran, toleransi, dan kerjasama untuk memperoleh hasil yang baik.

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat dan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Apalagi kita akan mewujudkan Paser Maju, Adil, Sejahtera (MAS), sehingga membutuhkan sumberdaya yang sehat rohani dan jasmani.

"Oleh karena itu turnamen ini merupakan salah satu ajang untuk mengapresiasi bakat dan minat generasi muda, sehingga mampu mengukir prestasi dalam olahraga sepakbola, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Atas nama pribadi sekaligus pimpinan daerah saya dengan optimis menyambut baik turnamen ini, karena momen yang tepat dan sangat berharga bagi para pecinta sepakbola di masa pandemi ini untuk dapat menyaksikan penampilan, bakat, disiplin, irama penampilan, dan keterampilan mengolah bola di lapangan," ucap Bupati Fahmi Fadli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Romif.

Menurutnya, kekuatan fisik yang andal dan kekompakan bermain dalam tim dan harapan saya ini menjadi tontonan. Yang terpenting adalah menerapkan prokes yang ketat.

"Saya berpesan mari bertanding bersungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas, jujur, mengakui kekuatan lawan dan kelemahan diri, hormat kepada pemimpin, berani meminta maaf atas pelanggaran yang dibuat, taat dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Untuk para wasit dalam memimpin setiap pertandingan secara profesional dan menjunjung tinggi kehormatan wasit," imbuhnya

Sementara itu pihak penyelenggara CEO NMC Borneo, Fadhul Qoliq bersyukur Turnamen NMC Cup 2021 akhirnya terlaksana.  Dan ini merupakan harapan dari masyarakat Paser yang selama 11 tahun belakangan ini tidak pernah terselenggera turnamen resmi.

"Alhamdulilah kami mengawalinya, mudahan saja ini menjadi spirit bersama yang pasti untuk olahraga sepakbola di Paser dapat berkembang," ujarnya.

Dia memastikan baik itu kepada pemain maupun kepada panitia menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan diupayakan seminim mungkin untuk tidak terjadi penularan Covid-19 di turnamen ini.

Sebanyak 25 klub mengikuti turnamen tersebut. Klub-klub peserta mempunyai legalitas di Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Kabupaten Paser.

"Karena kami mau turnamen ini mempunyai kelas tersendiri maka dari itu yang terdaftar saja yang dapat mengikuti turnamen ini," ucapnya.

Fadhul menerangkan, salah satu upaya pihak penyelenggara dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yakni tidak membuka turnamen tersebut secara terbuka, hanya untuk wilayah Paser saja.

"Hanya klub yang tersebar di 10 kecamatan di Paser saja yang kami perbolehkan berpartisipasi dan catatannya klub tersebut harus terdaftar di Askab PSSI Paser," paparnya.

Turnamen akan berlangsung selama 2 bulan dan menerapkan sistem setengah kompetisi, dibagi menjadi 8 grup dan turun menjadi 16 dan masing masing grup masing-masing berisi 3 klub. Hanya ada 1 grup berisi 4 klub.

"Nanti ketemunya di 16 besar, makanya durasinya agak panjang," urainya.

Dengan digelarnya turnamen  ini ia berharap menjadi catatan bahwa untuk bangkit dari pandemi tidak harus berdiam diri di rumah saja, bisa dilakukan dengan kegiatan positif seperti turnamen ini. Dan tentunya menerapkan prokes yang ketat. Tak lupa dia mengucapkan terimakasih terhadap apresiasi yang diberikan pemkab. Pihaknya berkomitmen menjalankan turnamen dengan baik.

"Ini menjadi langkah awal menularkan spirit terhadap kompetisi yang akan digelar selanjutnya dan harapannya pemerintah memperhatikan dari sektor olahraga secara menyeluruh," pungkasnya. (***/tom/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di