Terminal BP Semrawut, Diusulkan Ditutup

Banyak Angkot Ngetem di Jalur Keluar, Retribusi Pedagang Setorannya Tak Jelas


20 Sep 2019, 12:08:33 WIB

Terminal BP Semrawut, Diusulkan Ditutup

SEMRAWUT:Angkot warNa hijau yang ngetem di jalur keluar Terminal BP perlu ditertibkan Dinas Perhubungan (Dishub) lantaran mengganggu kendaraan lainnya yang keluar masuk terminal.


BALIKPAPAN-Kondisi angkotan kota (angkot) di Terminal Balikpapan Permai (BP) semakin semrawut. Termasuk angkot

nomor 2A jurusan Terminal Damai, Jalan MT Haryono, Balikpapan Baru, RSS Damai III, RS Damai Beriman/Korpri, dan Terminal Batu Ampar yang ngetem di jalur keluar terminal. Warga berharap ada tindakan tegas dari Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menertibkan angkot tersebut.

“Lihat aja mas, angkot lebih suka parkir di jalur keluar terminal daripada di dalam,” keluha Muhammad Fajar. kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dia menuturkan, angkot nomor 2A tersebut berada dekat pos polisi namun tidak ditertibkan. Padahal mengganggu kendaraan lainnya yang akan keluar ke arah jalan protokol.

“Angkot nomor 2A ini ngetem cukup lama namun tidak ditertibkan petugas polisi dan Dishub,” ujarnya.

Banyaknya angkot nomor 2A yang ngetem tersebut membuat warga meminta kepada pemkot agar Terminal BP lebih baik ditutup saja.

“Makanya kami minta kepada pemerintah agar Terminal BP ini ditutup saja karena tidak jelas juga kontribusinya kepada pemerintah kota,” akunya.

Hal senada disampaikan Nurmita warga Damai yang mempertanyakan aktifitas pedagang kaki lima (PKL) di jalur keluar masuk terminal BP, ia mempertanyakan retribusi PKL untuk peningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Balikpapan.

“Retribusi para pedagang di Terminal BP perlu dipertanyakan mas disetor kemana. Apakah ada kontribusi ke pemkot,” tanya Nurmita.

Seharusnya, usul Nurmita, Terminal BP kontribusinya ke pemkot cukup besar karena banyak aktivitas usaha. Seperti kuliner, pusat perbelanjaan dan usaha-usaha lainnya.

“Setiap usaha pasti ada retribusi yang harus dibayar. Makanya kalau retribusi terminal BP ini nggak jelas lebih baik ditutup saja,” jelasnya.

Sementara itu, Jamaluddin warga Sepinggan mengusulkan, agar terminal BP untuk segera direlokasi. Apalagi melihat kondisi terminal yang tidak representative lagi lantaran berada di tengah kota.

“Saya pernah dengar mau dipindahkan, tapi hingga saat ini belum terealisasi,” akunya.

Ia mengusulkan, agar pembangunan terminal pada lahan yang belum terlalu ramai seperti di kawasan Jalan Asnawi Arbain arah Balikpapan Tenis Stadium.

“Cocoknya di Jalan Asnawi Arbain, apalagi lahan disana cukup luas,” kata Jamal. (dan/vie)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di