Sosialisasi Manfaat Perizinan bagi Pelaku UMKM

Ciptakan Iklim Usaha yang Sehat di Masa Pandemi


15 Sep 2021, 09:30:34 WIB

Sosialisasi Manfaat Perizinan bagi Pelaku UMKM

SERIUS:Plt Sekretaris Diskominfo, Adamin Siregar saat memaparkan materi dalam webinar garapan EVP Telkom Reg VI Kalimantan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM), dan Staff Seksi Kefarmasian bergabung, Selasa (14/9)


BALIKPAPAN--Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan bersama EVP Telkom Reg VI Kalimantan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM), dan Staff Seksi Kefarmasian bergabung dalam  webinar Penyuluhan Keamanan Pangan bagi UMKM pada 13 - 14 September 2021.

Dalam webinar ini, DPMPT Kota Balikpapan fokus pada sosialisasi manfaat perizinan bagi para pelaku UMKM khususnya di Balikpapan. Kepala DPMPT Kota Balikpapn, Elvin Junaidi yang diwakili oleh Plt Sekretaris Diskominfo Balikpapn, Adamin Siregar menerangkan bahwa di masa pandemi Covid-19, pemerintah sangat perlu memberikan pembinaan kepada para pengusaha terkait legalitas perizinan usaha dan produk UMKM.

Dia menyebutkan bahwa ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh pengusaha  jika mendaftarkan  perusahaannya. Di antaranya,  adalah sebagai sumber informasi resmi untuk semua pihak  yang berkepentingan mengenai indentitas dan hal-hal yang menyangkut dunia usaha sehingga mendapatkan informasi data berapa jumlah pengusaha kita dan berapa jumlah pegawainya serta berapa pendapatannnya agar memudahkan penghitungan pendapatan secara rasional.

Selain itu, lanjut Adamin, juga  akan memudahkan pemerintah dalam melakukan pembinaan, pengarahan, pengawasan terhadap pengusaha pengusaha di daerah ini demi untuk  menciptakan iklim dunia usaha yang sehat.

Dia juga menjelaskan petunjuk teknis pengisian data perijinan melalui sistem Online Single Submission (OSS). “OSS adalah penyederhanaan perizinan berusaha, yang nantinya ditargetkan secara general menjadikan peningkatan perekonomian melalui pertumbuhan dunia usaha. Dengan mendaftar melalui sistem OSS, para pelaku usaha akan menghemat waktu. Sehingga tidak harus repot antri diberbagai instansi dan lembaga terpadu dalam kepengurusan perizinan”, jelas Adamin.

Kegiatan penyuluhan tersebut memberikan pembinaan kepada UMKM di Kalimantan terkait  perizinan, kualitas,  dan keamanan produk serta pengemasan yang harus memenuhi standar mutu pangan yang baik. Pengetahuan marketing penjualan juga diberikan agar produk mereka mudah diterima oleh konsumen. Sehingga sesuai tema seminar tersebut yaitu UMKM tangguh, Sukses dan Mandiri dapat terwujud.

Diketahui, dalam  webinar yang bertemakan "Menuju UMKM Tangguh, Sukses dan Mandiri" ini diikuti oleh lebih dari  75 peserta yang terdiri dari berbagai stakeholder di dunia usaha serta UMKM binaan. Di kesempatan kali ini, Adamin turut memaparkan petunjuk teknis pengisian data perizinan melalui sistem OSS. (*/cha/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di