SKK Migas Targetkan Produksi 1 Juta Barel Minyak Perhari

Juga Produksi Gas 12 Miliar Kaki Kubik Perhari pada 2030.


22 Jun 2022, 07:45:38 WIB

SKK Migas Targetkan Produksi 1 Juta Barel Minyak Perhari

TARGET: Gubernur Kaltim Isran Noor saat hadir pada kegiatan Pra Forum Kapasitas Nasional Kalsul, kemarin.(Oky/Balpos)


BALIKPAPAN-Dalam industri hulu migas nasional terutama komoditi gas, pulau Kalimantan dan Sulawesi merupakan dua wilayah potensial yang tak terpisahkan.

Blok Mahakam sendiri mencatatkan sejarah sebagai blok gas pertama di tanah air yang berhasil menembus pasar ekspor di tahun 1970 an untuk pertama kalinya dan terus berproduksi hingga saat ini.

Makin tingginya potensi cadangan gas di wilayah Kalsul diharapkan diharapkan dapat membantu satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) untuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan gas sebanyak 12 miliar kaki kubik perhari pada 2030.

"Kedua wilayah ini masih menyimpan potensi migas yang besar. Ini kesempatan besar bagi industri nasional untuk menjadi raja di negeri sendiri dalam mensupport keberadaan sektor hulu dan disisi lain juga turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, pemerintah sekaligus APBN," kata wakil kepala SKK Migas Fatar Yani Rabu (21/6).

Fatar melanjutkan bahwa SKK Migas dan KKKS senantiasa melaksanakan program pengembangan masyarakat dalam bentuk peningkatan kapasitas dan pendampingan usaha untuk meningkatkan daya saing pemasok nasional.

Dengan demikian masyarakat di wilayah operasi dapat memenuhi kualifikasi dan standarisasi kegiatan usaha di sektor di sektor penunjang Migas.

Gubernur Kaltim H Isran Noor juga turut hadir dalam kesempatan acara pra kegiatan forum kapasitas nasional wilayah Kalsul di Balikpapan tersebut.

Isran tegaskan industri hulu Migas di Kalimantan Timur telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian masyarakat daerah.

Seperti halnya daerah Bontang yang dulunya didominasi oleh rawa kini tumbuh menjadi salah satu tujuan wisata di Kaltim.

Selain itu banyak masyarakat di sekitar tumbuh maju melalui usaha usaha binaan dibawah SKK Migas dan KKKS sehingga bisa menggerakkan perekonomian daerah.

"Program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh industri hulu Migas sangat membantu pemerintah provinsi Kaltim dalam membangun daerah dan memajukan masyarakat sekitar kami," tegas Isran.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Kalsul, Azhari Idris, mengatakan produksi gas Kalsul memberikan kontribusi sebesar 30 persen dari produksi nasional.

Dan angka tersebut dapat terus bertambah seiring dengan adanya sejumlah penemuan cadangan baru di kedua wilayah itu.

Dengan demikian, peluang industri nasional untuk terus dapat berperan aktif dalam industri hulu migas masih besar.

"SKK Migas dan KKKS terus mencari peluang-peluang pelatihan serta usaha agar semakin banyak lapangan kerja yang tercipta, memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal, usaha kecil menengah (UKM) maupun koperasi untuk mengambil peran dalam mengembangkan industri penunjangnya," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi, mengatakan dalam forum tersebut SKK Migas menyampaikan kebijakan dan regulasi-regulasi terbaru yang berhubungan dengan aktivitas usaha industri hulu migas.

"Kegiatan ini diharapkan akan mempertemukan para pelaku industri hulu migas dan industri penunjangnya sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang terkait pengadaan barang dan jasa hulu migas ataupun pengembangan potensi-potensi masyarakat yang belum digarap maupun perlu ditingkatkan lagi. Kami berharap forum ini juga dapat mendorong peningkatan TKDN dan juga menyerap tenaga kerja di wilayah operasi migas lebih banyak lagi," jelasnya. (***jam/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di