Siapkan SDM Unggul lewat Vocational School Graduate Academy




16 Jun 2021, 09:27:48 WIB

Siapkan SDM Unggul lewat Vocational School Graduate Academy

PELATIHAN: Wabup Paser Syarifah Masitah Assegaf bersama 40 peserta Vocational School Graduate Academy


TANA PASER-Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin, menggelar pelatihan dan sertifikasi Vocatinal School Graduate Academy di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan SDM dalam mendukung transformasi digital di Hotel Kyriad Sadurengas selama 5 hari, 14-18 Juni.

Kegiatan itu dihadiri digital talent schoolarship Firda Zulivia Abraham, perwakilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin Syarifuddin, dan Plt Sekretaris Diskominfo Paser Joko Santoso.

Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan mutu SDM dan tenaga terampil di bidang teknologi informasi.

 "Ini pelatihan Vocatinal School Graduate Academy. Di zaman modern ini semua serba digital. Kami sangat senang dengan adanya pelatihan ini. Nanti akan banyak SDM yang mumpuni. Ahli-ahli IT yang terampil untuk memenuhi percepatan pembangunan daerah Kabupaten Paser," kata Masitah usai membuka pelatihan.

Ada 40 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, mulai dari pelajar SMK, lulusan SMK, dan lulusan D3 yang ada di Kabupaten Paser.

"Ini merupakan pelatihan prakerja, bagi lulusan atau yang belum lulus sekolah. Dalam rangka menciptakan tenaga SDM yang andal dan terampil," jelasnya.

Ke depannya, bakal dilaksanakan pelatihan serupa bagi kalangan PNS  untuk peningkatan kompetensi di internal pemerintahan.

"Kita akan kirimkan untuk masing-masing OPD mengikuti pelatihan IT, terutama di bidang pelayanan. Saat ini saja untuk absen pegawai sudah menggunakan e-presensi. Artinya peningkatan pengetahuan dan keahlian diperlukan untuk PNS," tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Digital Talent Schoolarship (DTS) Firda Zulivia Abraham menerangkan, peserta yang mengikuti pelatihan semuanya dibiayai oleh negara, tidak ada pungutan apapun.

"Semua peserta difasilitasi oleh negara melalui APBN," tutur Firda.

Nantinya peserta yang sudah lulus dan dinyatakan berkompeten, berhak mendapatkan sertifikasi dari Kominfo RI dan akan terdata di dalam Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi (Simonas). Dimana memudahkan perusahaan untuk melakukan tracking. Dia juga mengharapkan pemerintah daerah menyiapkan aplikasi database peserta yang sudah tersertifikasi untuk dapat terintegrasi ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Paser.

"Jika sistem sudah terbentuk, maka kami akan memberikan semua data SDM yang sudah tersertifikasi di bidang IT Kominfo. Dan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut baik peserta maupun instruktur, diwajibkan rapid test antigen untuk menghindari penyebaran Covid-19," ucapnya.

Sementara itu, Perwakilan BPSDMP Kominfo Banjarmasin Syarifuddin menjelaskan, VSGA ini menjembatani antara kurikulum pendidikan formal dan dunia kerja. Dia mengharapkan peserta yang sudah berkompeten dapat diserap oleh pemerintah daerah atau pun pihak  swasta. 

"Apalagi Paser sebagai salah satu penyangga ibu kota negara (IKN), jadi persiapan harus ada. Pelatihan ini dibagi menjadi dua skema, yakni Junior Network Adminstrator dan Junior Graphics Designer," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Plt Sekretaris  Dinas Komunikasi dan Informasi Paser, Joko Santoso mengatakan kader-kader unggul yang sesuai di bidangnya akan disalurkan ke instansi atau perusahaan sesuai dengan kapasitasnya.

"Ini kita buatkan wadah dulu agar lebih mudah dalam menyaring sumber daya yang tersedia," ujar Joko Santoso. (bp-9/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di