Setor 1 Ton Sampah, Satpol PP Diganjar Penghargaan




16 Jun 2021, 09:22:13 WIB

Setor 1 Ton Sampah, Satpol PP Diganjar Penghargaan

APRESIASI: Kepala DLH memberikan piagam penghargaan kepada Kasat Pol PP


PENAJAM-Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (14/6) lalu. Aalam acara yang digelar dengan undangan terbatas ini, DLH memberikan beberapa penghargaan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berperan aktif dalam upaya mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Buluminung. Selain itu DLH juga memberi penghargaan kepada para pemenang Lomba Bank Sampah.

"Untuk Pol PP dari data kami sekitar 1 ton sampahnya. Makanya tabungan sampahnya Rp 1 juta lebih, dari sampah saja mereka rutin. Mereka mulai bulan Maret setiap SKPD menyetor sampahnya sampai sekarang," terang Kepala DLH PPU, Tita Deritayati.

Penghargaan yang diberikan DLH ada dua kategori, yaitu kategori SKPD paling rutin menyetor di bank  Sampah dan yang nilai tabungan sampahnya paling banyak jika dikonversi menjadi rupiah. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung untuk kategori sedekah sampah terbanyak.

"Pol PP menabung sampah terbanyak dan penyetoran sampahnya rutin. RSUD sedekah sampahnya yang paling banyak,  kadang ada yang tidak mau nabung, disedekahkan saja. Jadi ada pilihan, mau menabung atau sedekah sampah," jelas Tita.

Tita juga menerangkan, mulai tahun ini SKPD dianjurkan untuk turut berkontribusi terhadap bank sampah gagasan DLH ini. Karena menurutnya, SKPD juga memiliki volume sampah yang cukup banyak, sehingga perlu disalurkan ke bank sampah.

"Seluruh SKPD pasti punya sampah, biasanya kertas, kardus, atau botol-botol minuman. Itu yang mereka setorkan ke bank sampah kita," tutur Tita. (bp-6/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di