Sejak Penetapan IKN, Kadin Balikpapan Jadi Primadona Kedubes




27 Sep 2019, 09:23:38 WIB

Sejak Penetapan IKN, Kadin Balikpapan Jadi Primadona Kedubes

AKRAB:Ketua Kadin Kota Balikpapan H Yaser Arafat (batik cokelat) bersama pengurus foto bersama Wakil Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Hendrik Barkeling usai pertemuan, kemarin.


BalikpapanPos-online.co.idSejak Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan menjadi primadona kedutaan besar (Kedubes) sejumlah negara.

Betapa tidak, dalam satu bulan yakni periode September, ada dua perwakilan Kedubes berkunjung ke Kadin untuk menggali informasi dan peluang bisnis. Masing-masing perwakilan Kedubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Feeder yang berkunjung 6 September lalu dan terbaru, Wakil Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Hendrik Barkeling yang berkunjung ke sekretariat Kadin, Kamis (26/9).

Dalam kunjungannya kemarin, Hendrik Barkeling mengaku ingin melihat langsung IKN yang baru. “Bagaimana kondisi ekonomi, dan masyarakat serta daerahnya saya ingin lihat. Karena kalau IKN pindah pasti kantor Dubes mengikuti," ucapnya.

Tak sekadar membaca situasi, ia bahkan berencana membawa investor Jerman untuk berinvestasi di IKN baru. Apalagi ada banyak perusahaan dari luar yang ingin mengetahui rencana pemindahan IKN dan melihat peluang. Dan tidak sedikit perusahaan asal Jerman beroperasi di Indonesia.

Selanjutnya, informasi yang didapat akan diteruskan ke pengusaha atau perusahaan asal Jerman yang ada di Jakarta.

“Ini belum pasti, baru rencana . Kami punya teknologi energi terbarukan untuk mendukung IKN baru berkonsep smart city, green city dan juga kontruksi,” ungkapnya.

Menanggapi kunjungan tersebut, Ketua Kadin Kota Balikpapan H Yaser Arafat menawarkan sejumlah kerja sama. Seperti pariwisata, bidang energi dan lainnya.

“Duta besar sebagai pintu. Kami benar-benar memberikan informasi yang update karena melalui mereka informasi di Balikpapan bisa disebarluaskan bahkan terdengar sampai ke perusahaan asing. Kaltim pun terbuka, kerja sama bisa kami jalankan,” jawabnya. Apalagi IKN merupakan magnet yang cukup kuat bagi investor asing. (dra/vie)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di