SDN 006 Balsel Dikunjungi Tim BPBD Balikpapan

Sosialisasi Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana


24 Nov 2022, 11:24:02 WIB

SDN 006 Balsel Dikunjungi Tim BPBD Balikpapan

SIMULASI: Kegiatan sosialisasi tanggap darurat kebencanaan oleh tim BPBD Balikpapan di SDN 006 Balsel Sabtu lalu.(IST)


BALIKPAPAN--SDN 006 Balikpapan Selatan (Balsel) menjadi lokasi kegiatan sosialisasi tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, pada hari Sabtu (19/11) lalu.

Dikatakan kepala SDN 006 Balsel, Hj. Ruwaidah SPd, bertindak sebagai narasumber dari BPBD Balikpapan yaitu Haryanto SE MM MT didampingi oleh 4 anggota Relawan Rahmad Mas’ud Center (RMC) yang memberikan materi pembekalan kepada guru dan tenaga kependidikan (GTK) perihal bantuan hidup dasar, sistem evakuasi dan tata cara pemindahan korban bencana, maupun cara penggunaan alat pemadam api ringan (apar).

"Saat ini kita memang lebih fokus mensosialisasikan tentang bencana gempa bumi dan kebakaran karena sama-sama kita sadari bahwasannya Kota Balikpapan merupakan salah satu daerah yang rentan terkena musibah kebakaran, dan juga daerah yang dekat dengan laut,” ujar Haryanto.

Tim BPBD Kota Balikpapan juga akan melakukan simulasi tentang cara menghindari atau menyelamatkan diri dari bencana alam maupun musibah saat keadaan darurat di sekolah. Dalam kesempatan tersebut juga turut memberikan pengenalan peralatan penanggulangan bencana kepada guru dan tenaga kependidikan. Peralatan yang diperkenalkan berupa APAR, tandu evakuasi, helm rescue, truk serbaguna, mobil dapur umum, ambulance, dan lainnya.

"Seperti yang kita ketahui, ada banyak manusia di sekolah dan 90 persen merupakan anak-anak, ketika ada bencana sudah pasti akan panik, belum lagi banyak berkas-berkas yang penting, oleh karena itu kita harus selalu siap dan sigap menyikapi dengan tenang ketika musibah datang,” pungkas Haryanto.

Ruwaidah juga sangat mengapresiasi atas kunjungan dari BPBD Kota Balikpapan dalam rangka sosialisasi dan simulasi bencana alam terhadap GTK.

"Kami dari pihak sekolah sangat membutuhkan sosialisasi bencana tersebut ditambah lagi para guru dan murid masih kurang paham tentang hal-hal yang dilakukan jika terjadi bencana alam seperti gempa, banjir, maupun kebakaran," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi tersebut ke depannya para guru dan murid tidak panik dan bisa lebih tenang dalam menghadapi bencana maupun musibah.(*/han/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di