Satlantas Siap Terapkan ETLE




08 Mar 2021, 13:26:38 WIB

Satlantas Siap Terapkan ETLE

TILANG: Polantas Polresta Balikpapan menempelkan stiker imbauan ke kaca kendaraan yang nekat melakukan parkir liar di kawasan KTL, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan. Dengan tilang elektronik, tugas Polantas dalam menindak pelanggaran akan semakin mudah.


BALIKPAPAN-Satlantas Polresta Balikpapan siap menerapkan sistem penilangan elektronik ETLE (Elektronic Traffic Law Enforcement) bagi pelanggar pengguna jalan nasional di Kota Balikpapan.

Seperti yang disampaikan oleh Kasatlantas Polresta Balikpapan Irawan Setyono SH SIKMH ketika sosialisasi penertiban parkir di badan jalan kawasan jalan Jenderal Sudirman yang merupakan kawasan jalan nasional.

Pihaknya akan melakukan penerapan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan ETLE yang nantinya kamera akan dipasang di tiga titik kawasan jalan Jenderal Sudirman dengan sistem otomatis.

Titik pemasangan ETLE yang "Automatic Camera" nantinya akan dipasang di simpang beruang madu Balikpapan Permai, simpang Balikpapan Plaza dan kawasan Lapangan Merdeka.

"Itu yang Automatic dia akan me"snapshoot" terkait pelanggaran yang terjadi," ujar Kompol Irawan kemarin.

Irawan menjelaskan pelanggaran yang bisa terekam oleh kamera tersebut diantaranya seperti tidak memakai helm, melanggar marka, tidak memakai safety belt, melanggar kecepatan dan pelanggaran lainnya.

Selain Automatic ETLE pihaknya juga melengkapi petugas patroli dengan memasang dan mengaktifkan mobil ETLE yang terpasang di helm petugas patroli.

"Setelah nanti selesai patroli, nanti akan dievaluasi dari hasil patroli apabila ditemukan pelanggaran nanti 'Snapshoot'nya akan dikonversi ke aplikasi ETLE," jelasnya lagi.

Ia menjelaskan lebih lanjut dengan "Mobil ETLE" petugas tidak perlu lagi mengejar pelanggar lalu lintas. Karena kamera petugas sudah otomatis merekam kejadian pelanggaran yang terjadi ketika petugas melakukan patroli.

"Petugas tidak perlu mengejar pelanggar karena sudah terecord di kameranya, nanti kita langsung melakukan aplikasi ETLE dan melakukan pemblokiran STNK si pemilik kendaraan,"  pungkasnya.

Penerapan ETLE tersebut bentuk dukungan dalam rangka "Zero Tolerance" yang merupakan atensi dari Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto karena jalan Jenderal Sudirman sebagai kawasan percontohan tertib berlalu lintas. (bp3/ono)




Moderated by BalPos (dika)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di