Sabrina Bakery, Sebulan Mampu Produksi 10 Ribu Roti




18 Sep 2019, 15:22:25 WIB

Sabrina Bakery, Sebulan Mampu Produksi 10 Ribu Roti

LARIS:Usaha roti Fenny Florentini mampu memproduksi 10 ribu roti per bulan.


BALIKPAPAN-Usaha kuliner menjadi salah satu bisnis yang memiliki banyak peminat. Tidak terkecuali bisnis roti. Meski sudah banyak yang berkecimpung dalam bisnis olahan tepung ini, namun masih saja banyak pendatang baru bermunculan. Salah satunya adalah Fenny Florentini, perintis toko roti berlabel Sabrina Bakery.

Usaha ini dirintisnya sejak empat tahun lalu. Tepatnya Agustus 2015, setelah mobil katering miliknya mengalami kecelakaan. “Usaha ini berawal dari tragedi kecelakaan pada bulan Mei 2015. Saat itu mobil yang biasa buat belanja dan antar katering ditabrak di kawasan Rapak,” kenangnya.

Sejak saat itulah, Fenny banting setir menjadi pembuat roti. Keahlian membuat roti didapatnya dari Google. Karena ingin mendalaminya, dia lantas sekolah bakery. Tak main-main, dia berguru ke sejumlah chef hotel berbintang. Mulai chef lokal sampai Pulau Jawa.

“Saya private ke sejumlah chef hotel. Ada yang di Surabaya, Jogja, juga Balikpapan. Saya keliling. Dari beberapa chef kemudian saya padukan, saya cari mana resep yang pas.” kata perempuan yang memulai usaha karena hobi ini.

Resep roti itu didapatnya hanya dalam waktu sebulan. Fenny lantas membagikannya kepada teman dan kerabat, sekaligus meminta pendapat mereka. “Saya bikin satu kilogram, lantas saya kasihkan orang-orang terdekat. Alhamdulillah, ternyata banyak yang bilang enak. Mereka pun mengusulkan untuk dijual secara online,” ungkapnya.

Fenny lantas mencoba peruntungan. Roti buatannya dia jual via media sosial Facebook. Usahanya pun membuahkan hasil, masyarakat memberikan respons positif. Dari mulut ke mulut, bisnisnya pun menjadi berkembang.

“Awalnya saya hanya jual lima varian rasa saja, seperti cokelat lumer, original, dan keju. Modalnya sekitar ratusan ribu, enggak sampai Rp 500 ribu,” ujar perempuan berhijab ini.

Tahun pertama, usahanya dirintisnya sendiri. Kemudian, tahun kedua dirinya memiliki reseller di Batu Kajang. Reseller ini lantas menyuplai sampai Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Awalnya dari dua kilo tepung, kemudian jadi enam karung dalam sehari. Karena semakin banyak, alhamdulillah, sales ada yang datang. Mereka kasih utangan bahan-bahan roti. Sistemnya itu invoice, seminggu baru bayar,” ungkapnya.

Selama empat tahun berjalan, Fenny kini memiliki delapan karyawan dan 10 reseller. Reseller ini tersebar di beberapa daerah, yakni Batu Kajang, Samarinda, Long Ikis, Grogot, Tanjung, Amuntai, Rantau, Barabai, Banjarbaru, dan Banjarmasin.

“Pengiriman ke Batu Kajang dan lainnya setiap hari, kalau Banjar seminggu sekali. Pengiriman melalui bus. Roti ini bisa bertahan empat hari, karena tanpa bahan pengawet,” jelasnya.

Dalam sebulan, dia bisa memproduksi sekira 10 ribu boks roti. Omzetnya pun menggiurkan. Roti buatannya dijual di kisaran harga Rp 16 ribu hingga Rp 40 ribu. Dirinya pun terus berinovasi untuk memanjakan konsumennya. Tak tanggung-tanggung, kini dirinya telah memiliki 30-an varian rasa dan sekira 10 jenis roti.

“Kalau ditanya suka dan dukanya, Mbak bisa lihat sndiri, tiap hari roti habis. Kalau dukanya nggak ada sih, disyukuri aja,” ujar pemilik sekaligus admin keuangan usahanya ini.

Kini dari usahanya ini, dirinya sudah bisa membeli rumah dan membuka toko di rumahnya. Dirinya pun bisa menyekolahkan buah hatinya di Pulau Jawa,

“Rencana ke depan, saya pengin buka toko di pinggir jalan. Pengin bikin oleh-oleh khas Balikpapan. Alhamdulillah, hingga kini bisa bertahan karena kami menjaga rasa dan isian, meski harganya naik,” pungkas Fenny yang juga menerima pesanan snack box ini. (dia/vie)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Berita Sehat Bugar

Read More


UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di