Rakerkot KNPI Berjalan Sukses

Rekomendasikan Program Kaderisasi dan Pembangunan Kota


28 Nov 2020, 10:13:02 WIB

Rakerkot KNPI Berjalan Sukses

PEMUDA BANGKIT : Pengurus KNPI Provinsi Kaltim dan Kepala Disporapar beserta sejumlah staf hadir dalam pembukaan Rakerkot 2020. Tampak sejumlah pengurus dan peserta serius mambahas pokok pikiran di Aula Graha Pemuda KNPI, kemarin.


balpos.com, BALIKPAPAN - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Balikpapan menggelar rapat kerja kota dengan mengangkat tema "Soliditas Pemuda Bersatu dan Bangkit Melawan Pandemi Covid-19", Rabu (25/11) kemarin di Aula Graha Pemuda KNPI.

Ketua KNPI Kota Balikpapan, Andi Achmad Muattawaly mengatakan dalam pandemi ini pemuda harus tetap bergerak. Pemuda harus tetap solid, bersatu dan mengedepankan kebersamaan. "Hakul yakin pemuda bersumpah selalu bersama walau dalam perbedaan. Pemuda tidak boleh tidur dan akan tetap bergerak sebagai agen perubahan," kata Andi Welly-akrabnya saat pembukaan Rakerkot KNPI Kota Balikpapan 2020.

Menurutnya, kegiatan ini hadir atas semangat kebersamaan dan tingginya animo kepengurusan DPD, Pengurus Kecamatan (PK) maupun Organisasi Kepemudaan (OKP). Selain itu KNPI juga memiliki semangat bangkit dari permasalahan pandemi sesuai tema. Pemuda wajib membantu pemerintah melawan covid-19.

Dalam rakerkot ini juga Andi Wely memberi penghargaan kepada senior almarhum NG Priyono sebagi mantan Ketua KNPI dengan menyematkan namanya sebagai nama Aula Lantai 3 Gedung Graha Pemuda KNPI. "Agar kedepannya pemuda tidak melupakan sejarah, berkat dukungan Mas NG Priyono gedung megah KNPI terbangun. Kegiatan ini juga memiliki standar protokol kesehatan yang bertujuan menyukseskan keberlangsungan acara," tambahnya.

Sementara itu Ketua Mejelis Pemuda Indonesia (MPI) Kota Balikpapan, Andi Amiruddin Solong dalam sambutannya meminta pemuda berani menyampaikan kritik terjadap kinerja pemerintah jika ada yang salah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pemuda harus menunjukan kualitasnya.

"Semoga pemuda jangan rapuh dan loyo, apalagi gara-gara pendemi.

Selamat bermusyawarah, carilah ide dan program kerja yang baik tidak sekadar seremoni. Tapi berfungsi sebagai pengkaderan dan pembangunan kota," terang Amir.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Doortje Marpaung juga berharap KNPI menjadi mitra dalam membangun kepemudaan di Kota Beriman. Doortje meminta KNPI jangan goyah. Harus bersatu tidak ada nama-nama lain sebagai induk OKP. "Koordinasi memang mudah diucapkan tapi sulit pelaksanaan, tapi kita harus tetap berusaha menjadi lebih baik.

"Kita tidak bisa lepas dari peraturan, mohon ini biaa kita perhatikan bersama. KNPI harus punya sikap leader memastikan mau dibawa kemana, tujuannya apa dan seterusnya. Raker harus ada hasil, OKP jika ada keluhan saran silahkan didiskusikan. Kami siap bermitra lebih baik," terang Doortje.

Rakerkot sendiri dibuka langsung Arif Rahman dari DPD KNPI Provinsi Kaltim. Rakerkot, katanya, harus punya proyeksi ke depan agar bisa berjalan efektif. Sinergisitas DPD dengan PK dan OKP di Balikpapan harus maksimal. Indikator keberhasilan KNPI tergantung organisasi keaktifan yang berhimpun.

"Beda dengan daerah lain, Dispora-nya tidak berani kucurkan anggaran dan berkerjasama karena KNPI-nya tidak solid, mereka takut jadi temuan. Saya bilang telepon sana Dispora dan Ketua KNPI Balikpapan bagaimana mengelola pemuda.

Dekatnya waktu pelaksanaan rapat pimpinan daerah (rapimda), Arief jg berharap dapat terlaksana dengan baik. "Maaf saya bahas ini, saya berharap, persiapan rapimda ke depan, tidak melangkahi siapa-siapa segera DPD untuk membentuk tim verifikasi secara administrasi. Tidak berkelahi di rapimda, siapa yang sah dan tidak sah akan jelas. Semoga rapimda nanti juga berjalan dengan sukses," tandas Arif Rahman.

Rakerkot sendiri berjalan lancar dan selesai sebelum jadwal yang ditetapkan. Sejumlah pokok pikiran sudah direkomendasikan masing-masing komisi di sidang paripurna. Dalam pandangan umum sendiri mayoritas peserta menerima laporan kegiatan DPD KNPI yang sudah berjalan sebelumnya. Ketua Panitia Nurdin Nawir juga berterimakasih kepada sejumlah pihak yang sudah mendukung berjalannya raker dengan lancar dan kondusif dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

"Kami berharap hasil raker ini bisa diaplikasikan pengurus DPD dengan baik nantinya," pungkas Arif Rahman di akhir rakerkot. (***/die)




Moderated by Redaksi Balikpapan Pos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Berita Sehat Bugar

Read More


UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di