Rahmad : Belanja Anggaran Harus Sesuai Regulasi

Soal Capaian SiLPA APBD 2022 Capai Rp 600 Miliar


31 Mei 2023, 08:12:21 WIB

Rahmad : Belanja Anggaran Harus Sesuai Regulasi

JAWAB: Wali Kota H Rahmad Mas'ud bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Balikpapan saat menghadiri rapat paripurna DPRD Balikpapan. (DPRD BALIKPAPAN)


BALIKPAPAN - Besarnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran atau SiLPA Tahun 2022 tercatat mencapai Rp 600 miliar menjadi sorotan.

Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, bahwa timbulnya SiLPA dalam pelaporan penggunaan anggaran merupakan hal biasa.

Ia menjelaskan, bahwa timbulnya SiLPA bukan berarti adanya kekurangan. Namun ada beberapa belanja kegiatan yang harus sesuai dengan regulasi dan aturan.

"Memang ada beberapa belanja kegiatan yang harus sesuai dengan regulasi dan aturan. Sebab kalau tidak sesuai dengan aturan tidak boleh dibelanjakan," ujar Rahmad usai rapat paripurna DPRD di gedung parlemen Balikpapan, Senin (29/5).

Dia menyampaikan, bahwa semua on progres, seperti proyek pengendali banjir DAS Ampal itu, masih on progress pekerjaannya, serta masih dalam perjalanan.

Rahmad menambahkan, yang terpenting pihaknya akan terus mendorong anggaran untuk bisa dirasakan oleh masyarakat Balikpapan. Yakni, pendidikan serta kesehatan, seperti pembangunan sekolah dan pembangunan rumah sakit.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh menuturkan, bahwa semua pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Balikpapan, sudah dijawab oleh Walikota Balikpapan,

"Sehingga tinggal tahapan akhirnya adalah  diagendakan untuk melaksanakan rapat paripurna pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Balikpapan," terangnya.

Terkait besaran Silpa sebesar Rp 600 miliar, menurut Abdulloh, hal tersebut akan dijawab nanti di pandangan akhir fraksi-fraksi.

"Memang saat ini, masih ada beberapa kegiatan yang belum dilaksanakan, dan belum bisa dilansir, karena juga ada beberapa proyek multiyears yang masih dilaksanakan," tuturnya.

Dirinya mengaku, sebenarnya SiLPA yang terjadi tersebut, adalah SiLPA positif, karena sudah ada alokasinya cuman belum terserap. Karena proyek tersebut multiyears. (*rab/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di