PLN Layani 359 Ribu Pelanggan

Bertambah 10 Ribu Sambungan


27 Okt 2020, 09:09:50 WIB

PLN Layani 359 Ribu Pelanggan

Balpos.com, Memperingati Hari Listrik Nasional 27 Oktober ini, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Balikpapan makin membaik. Saat ini tingkat gangguan juga makin menurun. Bahkan PLN juga mulai menggalakkan program terbarunya, yakni demo kompor induksi.

Kompor induksi diperkenalkan kepada masyarakat Balikpapan Utara, Samboja, Petung, Long Ikis, sampai Grogot. "Kami serentak mengadakan demo kompor induksi," terang Manager PLN UP3 Balikpapan, Albert Sitompul saat ditemui Balikpapan Pos di kantornya,  Senin (26/10) kemarin.

Masyarakat diajarkan kemudahan menggunakan kompor listrik ini. Masyarakat diajak untuk mencoba langsung penggunaan kompor tersebut. Untuk kebutuhan memasak. "Dan ternyata masyarakat antusias karena tidak berbeda dari kompor gas. Hanya satu sisi tidak kesulitan mencari listrik jika dibandingkan dengan gas," terangnya.

Penggunaan kompor listrik ini juga dinilai tak kalah irit dibandingkan kompor gas. Bahkan jika dibandingkan dengan elpiji tabung biru, penggunaan kompor induksi memakan biaya lebih murah. "Masyarakat sebenarnya sudah banyak yang memiliki kompor listrik. Dan setelah kami tunjukkan penghitungannya mereka juga berminat untuk beralih," tutur Albert.

Hingga saat ini pelayanan PLN Kota Balikpapan sudah mencapai 359.000 pelanggan. PLN UP3 sendiri pada tahun ini sebenarnya ditarget untuk tambahan pelanggan sekira 12.000 sambungan. Sedangkan sementara ini yang sudah tercapai adalah 10.000 sambungan.

"Karena untuk daya sendiri PLN cukup. Untuk masyarakat yang belum punya listrik, lalu ingin sambungan baru selatan ke kantor PLN terdekat. Bisa juga mendaftar via nomor 123 kami beri kemudahan pelayanan one day service," sebutnya.

PLN sampai kini tetap melakukan pemeliharaan seperti melakukan pemotongan pohon untuk menjaga keandalan suplai listrik. Terlebih saat ini musim pancaroba, yang mana hujan dan panas sulit ditebak.

Albert melanjutkan, hari ini yang menjadi alasan pihaknya melakukan pemeliharaan. Pemotongan pohon-pohon yang mengganggu jaringan, juga dilakukan penggantian material yang tua. "Tujuan kami bagaimana listrik bisa andal dan dimanfaatkan masyarakat 14 jam," ujarnya.

Selama ini keluhan terbanyak yang didapat PLN adalah mengenai tunggakan pembayaran. Biasanya mereka yang menembak atau telat membayar terpaksa harus mengalami pemutusan aliran listrik. "Jasa yang mereka minta langsung disambung," katanya.

Keluhan inilah yang paling banyak masuk melalui call center. Dalam hal ini sesungguhnya kebijakan pemutusan ini jika terjadi tembakan dalam sebulan saja dilakukan pemutusan listrik sementara.

"Bisa dibongkar meteran nya atau dilepas MCB (Miniature Circuit Breaker)-nya. ini pun biasa terpaksa dilakukan apabila pelanggan tertentu terlalu sering menunggak," bebernya.

Sering tidaknya masyarakat tertentu menurut juga jadi pertimbangan. Karena memang ada masyarakat yang protes terkait berbedanya tindakan yang dilakukan. Ia menegaskan, ini bergantung kepada petugas lapangan.

"Karena petugas tahu yang mana yang saya meninggalkan. Kan berbeda. Tapi kami juga mulai mengingatkan melalui pesan WhatsApp (WA) ataupun SMS terkait membayar listrik tepat waktu," sebutnya.

Sekira 55 persen pelanggan merupakan pasca bayar, sementara sisanya sudah beralih ke prabayar. "Kalau prabayar otomatis tidak kita kirim pesan tersebut," tuturnya.

Oleh karena itu dirinya juga mengimbau kepada pelanggan untuk beralih kepada listrik prabayar demi menghindari pemutusan. "Jika begitu penghuni bisa lebih nyaman dan petugas tidak perlu datang setiap bulan," terangnya.

Ia melanjutkan, sebenarnya sistem prabayar ini memudahkan karena pelanggan tidak perlu membayar biaya beban. "Jadi kalau rumah yang jarang ditempati, lebih baik menggunakan prabayar karena tidak ada biaya beban. Jadi lebih murah," imbuhnya.

Beban Kota Balikpapan dan unit-unit di bawahnya sekitar 200 Mega Watt. Sedangkan untuk daya yang tersedia sekira 500 Mega Watt. Dengan begitu sebenarnya ada surplus 300 Mega Watt.

"Maka disilakan untuk pemasangan baru PLN melayani," ucapnya. Termasuk pada pemeliharaan atau pemandangan yang masih ada yang terjadi adalah untuk pemeliharaan.

Kemudian terkait sambungan baru, PLN terus menindaklanjuti. Sambungan bisa berlanjut, asalkan sudah ada jaringannya. "Di beberapa kawasan terutama yang remote atau jauh kerap belum ada jaringannya," kalau terpencil harus lebih dulu mengajukan, karena berhubungan dengan pembangunan jaringan," katanya.

Namun jika ada permohonan sambungan di daerah yang sudah masuk jaringan, dirinya memastikan tidak pernah menolak. ",Kami berharap Hari Listrik meminta peran serta masyarakat membantu kinerja kami. jika selama ini ada yang belum berkenan dari pelayanan kami kami mohon maaf. Kami juga membutuhkan peran aktif masyarakat," ujarnya.

Peran aktif di sini seperti merelakan pohon yang mengganggu jaringan untuk dipotong, juga agar pelanggar membayar listrik tepat waktu. Karena ini berkaitan dengan operasional perusahaan. "Jika masyarakat bisa tepat membayar listrik akan menjamin kelancaran suplai kami ke pelanggan," katanya.

Pembangkit di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan juga telah terinterkoneksi. Sehingga bisa saling suport. "Apalagi untuk Kaltim sudah banyak pembangkit di Samarinda, Bontang, Samboja. Jadi tersebar satu sudah terinterkoneksi," tandansya. (cha/ono)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Berita Sehat Bugar

Read More


UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di