Pindah Domisili Satu Kabupaten/Kota

Helmi : Tidak Perlu Surat Keterangan RT


14 Jan 2022, 09:15:16 WIB

Pindah Domisili Satu Kabupaten/Kota

Hasbullah Helmi


BALIKPAPAN - Surat pengantar dari RT atau Kelurahan tidak lagi diperlukan untuk pengurusan perpindahan domisili penduduk, baik dalam satu kabupaten/kota maupun lintas kabupaten/kota.

Dihapusnya keterangan RT dan Kelurahan bukan tanpa alasan. Data Kependudukan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah lengkap sehingga tidak memerlukan verifikasi dari RT maupun Kelurahan.

“Banyak aturan mengenai persyaratan layanan ini kita sederhanakan, termasuk syarat keterangan RT dan Kelurahan untuk mengurus pindah domisili,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi, kepada Balikpapan Pos, Kamis (13/1)

Dia mengatakan, keterangan RT sampai kelurahan sudah tidak ada lagi karena data kependudukan kita sudah lengkap. Kecuali penduduk tersebut belum terdata dalam database, maka perlu pengantar RT untuk membuat NIK pertama kali.

"Keterangan RT hingga Kelurahan sudah dihapuskan, hal itu, mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019," jelasnya.

Ia mengatakan, pindah penduduk dalam satu Kabupaten/Kota, cukup menunjukan Kartu Keluarga (KK) saja. Tidak perlu pengantar apapun. Dan pengurusannya tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, cukup di rumah saja lewat online.

Helmi menuturkan, perpindahan penduduk dalam satu Kabupaten/Kota juga tidak memerlukan Surat Keterangan Pindah atau SKP. Namun hanya penduduk yang melakukan perpindahan antar Kabupaten/Kota atau antar Provinsi yang akan dibekali SKP oleh Dinas Dukcapil asal untuk diberikan ke daerah tujuan. (djo/vie)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di