PIK Remaja Pelopor Pembinaan Ketahanan Generasi Muda

Jadikan Remaja Berkualitas dan Penyelamat Teman Sebaya


16 Jun 2021, 08:56:35 WIB

PIK Remaja Pelopor Pembinaan Ketahanan Generasi Muda

KOMPAK:Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Edi Muin bersama tim DP3AKB Balikpapan dan tim PIK-R SMKN 1 Balikpapan di SMKN 1 Balikpapan


BALIKPAPAN--Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK- R) yang dibentuk oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan suatu wadah kegiatan program Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Edi Muin mengungkapkan bahwa kehadiran PIK Remaja di lingkungan sekolah maupun masyarakat pada umumnya dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan diri dan membagikan informasi. "Harapannya tentu dapat menyelamatkan teman-teman sebayanya," ungkap Edi saat ditemui Balikpapan Pos usai menyaksikan proses penilaian Lomba PIK Remaja Tingkat Provinsi di SMKN 1 Balikpapan, Selasa (15/6).

Dalam proses penilaian tersebut, Edi turut  didampingi oleh pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan dan juga Kepala SMKN 1 Balikpapan Mujadi serta tim pembina PIK Remaja SMKN 1 Balikpapan.

Menurut Edi, PIK Remaja memang harus dapat menjadi penyelamat teman sebaya. Hal ini disebabkan maraknya kasus remaja yang terjadi karena minimnya informasi yang diterima oleh remaja yang bersangkutan. Misalnya, masalah mengenai kesehatan reproduksi maupun kesehatan seksual.

"Dulu pada tahun 2012 kami sempat melakukan riset dengan survey 168 mahasiswa di mana ternyata 82 persennya sudah hilang keperawanannya. Selain itu, di usia anak sekolah sekitar 42 persen siswa sudah melakukan hubungan seksual. Sementara di 5 kota besar, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan sudah di atas 62 persen. Karena itu, BKKBN memperjuangkan bagaimana dapat menciptakan keluarga dan remaja yang berkualitas," jelas Edi.

Selain itu, lanjut Edi, pihaknya sangat memahami jika naluri remaja lebih senang untuk bertukar cerita dengan teman sebayanya. Karenanya, dengan keberadaan PIK Remaja ini para remaja diharapkan dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi kepada temannya.

"Jika dilihat dari sisi psikologi, kehadiran orang yang berbeda umur dan gaya malah akan ada jarak dan mengakibatkan penyampaian informasinya bisa tidak tuntas sampai ke mereka. Maka itu, sesuai dengan filosofi kerjanya PIK ini dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja. Sehingga totalitas kegiatannya memang ramah remaja. Konsep perencanaan, model kegiatannya dari inspirasi remaja, dan inplementasi program kegiatannya juga untuk remaja," tutur Edi.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Balikpapan, Mujadi menyampaikan terima kasih karena kehadiran tim BKKBN Kaltim untuk melakukan penilaian di sekolahnya. Menurutnya, PIK Remaja bisa menjadi pionir untuk memberikan arahan kepada anak-anak lainnya agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

"Mudah-mudahan bisa mencegah hal yang  tidak diinginkan dan bisa dikendalikan. Harapan kami ini dapat meningkatkan motivasi untuk semangat memberikan penyuluhan kepada teman-temannya," pungkasnya. (cha/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di