Peresmian RIRA dan Peringatan HAN Sukses

Kerja Bareng Forum PUSPA-DP3AKB bersama Stake Holder


05 Agu 2022, 08:07:51 WIB

Peresmian RIRA dan Peringatan HAN Sukses

ANAK BERPRESTASI: Bertempat di SLBN Balikpapan, Wali Kota HM Rahmad foto bersama anak-anak peraih penghargaan pada Peringatan HAN, 31 Juli 2022.


BALIKPAPAN—Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Madinatul Iman Balikpapan kembali berkontribusi bagi terwujudnya Kota Beriman. Selama dua hari, Sabtu (30/7) dan Minggu keesokan harinya, dua program yang digagas Forum PUSPA bersama DP3AKB Balikpapan berjalan sukses. Pertama, deklarasi dan peresmian tiga Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA) serta peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

“Hadirnya RIRA ini tentu membuat dampak positif dan semangat anak-anak untuk berkegiatan di masjid," ujar Walikota Balikpapan, H Rahmad Masud SE MM saat memberikan sambutan dilanjutkan launching RIRA didampingi istri. Peresmian berlangsung di Masjid Amirul Haq Uniba yang dihadiri Dewan Pembina Yapenti Dharma Wirawan Kaltim Uniba, Dr. H. Rendi Susiswo Ismail SE, SH, MH. Tampak hadir Ketua Forum PUSPA Madinatul Iman, Hj Emi Hasyimiah Alaydrus, Kepala DP3AKB Dra Alwiati Apt.

Keesokan harinya, wali kota kembali hadir untuk memberikan sambutan sekaligus menyerahkan berbagai penghargaan pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 bertempat di SLBN Balikpapan. Pada kedua peringatan tersebut, Forum PUSPA dan DP3AKB melibatkan sejumlah stake holder di antaranya, APSAI, Balikpapan Pos, SLBN, Forum Anak Balikpapan, Forum HR, Forum Genre, DMI serta tokoh agama yang menjadi perwakilan RIRA. Sebagai pilot project ada tiga rumah ibadah yang dideklarasikan sebagai RIRA yakni masjid Amirul Haq Uniba, Masjid Al Aman, serta Gereja Kemah Injil Agape Sepinggan.

“Kami dari Forum PUSPA mendukung dan berpartisipasi aktif untuk mewujudkan Rumah Ibadah Ramah Anak sebagai bentuk kepedulian kami atas terpenuhinya hak-hak anak dan mewujudkan kecintaan anak-anak akan Rumah Ibadah mereka. Dan tiga rumah Ibadah yg di resmikan hari ini adalah piloting bagi terwujudnya RIRA di seluruh Kota Balikpapan,” tegas Hj Emi-akrab Ketua Forum PUSPA Madinatul Iman disapa.

Emi menyampaikan banyak terima kasih atas sinergi yang terjalin dan berharap ke depan akan semakin banyak pihak yang terlibat untuk mendukung peran pemerintah khususnya dalam pemberdayaan dan perlindungan anak.

Sementara itu, Alwiati menambahkan, semua fasilitas di Balikpapan harus berbasis anak dimulai dari tahap perencanaan. “Infrastruktur, kantor-kantor harus ada ruang laktasi. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pasti ada masyarakat yang hendak memberikan ASI (Air Susu Ibu, Red) kepada anaknya, hak anak inilah yang harus dipenuhi. Maka ruang laktasi harus ada. Semua harus berperan karena Balikpapan akan mewujudkan Kota Layak Anak,” imbuh mantan Sekretaris DKK yang kini dipercaya wali kota memimpin DP3AKB.  (**/oky/yud)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di