Pengrajin Batik Khas Paser Berharap Dukungan Pemda




13 Sep 2021, 09:55:44 WIB

Pengrajin Batik Khas Paser Berharap Dukungan Pemda

HASIL KARYA: Ketua Pusat Perhimpunan Bawe Paser yang juga pengrajin batik, Rusnawati memperlihatkan berbagai motif batik khas Paser.


TANA PASER- Dalam upaya memperkenalkan kebudayaan dan kesenian yang ada di Kabupaten Paser, Pusat Perhimpunan Bawe Paser saat ini tengah memperkenalkan kesenian daerah melalui motif batik asli Paser. Diketahui saat ini di Paser telah memiliki industri batik yang menunjukkan suatu nilai khas kesenian daerah. Hal tersebut dikatakan Ketua Pusat Perhimpunan Bawe Paser Kabupaten Paser yang juga pengrajin batik Rusnawati.

"Paser memiliki motif batik asli yang menggambarkan ciri khas Paser itu sendiri," ujar Rusnawati, Minggu (12/9).

Rusnawati menerangkan, awal berdirinya pengembangan usaha batik ini dia jalankan bersama teman-temannya pada tahun 2020 dengan nama kelompok pengrajin batik Buen Were. Dikarenakan keterbatasan modal dari rekan-rekannya, Rusnawati terpaksa melanjutkan usaha batik khas Paser itu sendiri dengan menggunakan modal pribadi.

"Meskipun dalam keadaan yang sulit, tidak memudarkan semangat saya untuk memperkenalkan batik Paser ke masyarakat luas," ucapnya.

Sekarang kendala utama dalam usaha tersebut adalah pembinaan sumber daya pekerja dan alat pendukung untuk memproduksi batik lebih banyak dan dapat dikenal luas. Semisal ditunjang eco printing.

"Untuk saat ini kami memiliki 7 karyawan yang terdiri dari 4 laki-laki dan 3 perempuan. Namun dengan adanya banyak pesanan oleh-oleh khas daerah, tentunya masih membutuhkan tenaga kerja baru dan alat pendukung dalam memproduksi," jelasnya.

Menurut Rusnawati, dengan semakin berkembangnya usaha batik khas Paser tersebut, tentunya dibutuhkan alat pendukung untuk memproduksi lebih banyak dan tempat produksi yang harus memadai untuk media pengerjaan membatik. Diharapkan adanya dukungan dan peran pemerintah daerah dalam pengembangan batik khas Paser ini.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah atau instansi yang berkaitan dengan perindustrian, lebih memberikan perhatian lebih. Sekiranya dapat membantu untuk pengadaan alat printing, agar dapat meningkatkan produksi dalam pembuatan batik dan tentunya batik khas Paser dapat lebih dikenal luas di luar daerah Paser," harap Rusnawati. (tom/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos 2


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di