Pemuda Long Kali Produksi Gula dan Jahe Aren

Raup Omset Jutaan Rupiah Setiap Bulan


05 Agu 2022, 09:29:23 WIB

Pemuda  Long Kali Produksi Gula dan Jahe Aren

GULA AREN: Produk UMKM masyarakat yang berada di Kelurahan Long Kali. (IST)


TANA PASER- Seorang warga Kelurahan Long kali, Kecamatan Long Kali, Arbani dalam sebulan sukses meraup omset jutaan rupiah dengan memanfaatkan pohon aren yang tumbuh subur di kebun miliknya, sejak tahun 2018 lalu.

Arbani mengatakan, mulai mengikuti usaha tersebut didasari saat anjloknya harga sawit ditahun 2018 lalu yang hanya mencapai Rp.600 perak perkilonya. Pemuda yang juga berlatar belakang petani sawit ini, berinisiatif untuk mencari sumber pendapatan lainnya dengan memanfaatkan kebun miliknya yang cukup banyak ditumbuhi  pohon aren.

"Tepatnya 2018 saya menggeluti usaha gula dan jahe aren ini, saat itu sawit harganya anjlok, jadi saya memanfaatkan pohon aren untuk membuat gula," kata pemilik usaha Gula Aren Paser ini.

Arbani melanjutkan, dalam memasarkan produk olahan rumahannya yakni Gula Aren dan Jahe Aren, awalnya hanya memanfaatkan relasi pertemanan saja, ternyata produk olahannya tersebut sangat banyak sekali peminatnya hingga sampai memasarkan secara online.

"Saya pribadi tidak menyangka produk olahan rumahan ini sangat diminati sekali hingga diluar Kabupaten Paser," ujarnya.

Arbani menjelaskan, gula dan jahe aren produk olahannya ini, gula yang berasal dari nira pohon aren tersebut dibuat berbeda dari yang biasa, biasanya gula merah yang berasal dari air nira tersebut berbentuk gula padat berwarna coklat kemerahan yang terbungkus dalam cetakan, namun gula aren olahan miliknya layaknya seperti gula pasir, yang berbentuk serbuk.

"Kalau saya buatnya gula serbuk, bukan gula batok, jadi saya membuat variasi yang berbeda dari biasanya," ucapnya

Gula aren serbuk yang dipasarkan kata Arbani, sudah dibuat dalam bentuk kemasan, dengan berat kemasan 200 gram, dan produk olahan lainnya yakni jahe aren, juga dibuat dalam kemasan, dengan berat 100 gram.

"Kalau gula aren kemasan berat 200 gram, jahe aren berat 100 gram. Kalau untuk omset  alhamdulilah lumayan, setiap bulannya bersih mencapai 4 juta rupiah," akunya.

Dari gula dan jahe aren yang ditawarkan, ia mengaku cukup banyak peminatnya, dan ia pun cukup kewalahan memproduksi produknya untuk dapat mencukupi kebutuhan pelanggan.

"Ya Alhamdulillah ternyata peminatnya banyak, sampai kewalahan produksi juga, untuk menyuplai daerah Grogot aja kurang apalagi daerah lain" bebernya.

Arbani menambahkan, dengan terkendalanya produksi yang terbatas, ia hanya dapat menjual sesuai dengan stok yang telah disediakan.

"Karena ini industri kecil, yang sifatnya dikerjakan sendiri, jadi dalam sehari hanya memproduksi 10 kilogram, karena terkendala tenaga kerja, khususnya penyadap arennya," tambahnya (tom/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di