Pemkot Sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak

DP3AKB Akan Launching Saat Hari Anak Nasional


28 Jun 2022, 07:45:13 WIB

Pemkot Sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak

SOSIALISASI: Kepala Bidang Perlindungan Anak DP3AKB Balikpapan, HM Kosyim (kiri) saat sosialisasi mengenai rumah ibadah ramah anak sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Balikpapan yang berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan ramah anak di Kota Balikpapan. (FOTO : IST)


BALIKPAPAN-Memahami pentingnya hak anak atas kebutuhan mereka dalam bermain dan pembentukan karakter bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Bidang Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan mewacanakan rumah ibadah ramah anak.

"Ini lagi proses, jadi rumah ibadah ramah anak itu, bagian dari bagaimana pemenuhan hak anak untuk menjadikan anak itu bertaqwa pada Tuhan, dan anak itu terpenuhi hak bermainnya di waktu dan ruang," ungkap M Kosyim Kabid Perlindungan Anak DP3AKB Balikpapan, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa terkadang anak saat bermain di rumah ibadah dianggap sebagai pengganggu konsentrasi pengguna ibadah lainnya, padahal untuk kebutuhan karakter si anak perlu meluangkan waktu yang cukup di rumah ibadah.

"Anak itu kan hidupnya dibagi 3 waktu, sepertiganya di sekolah, sepertiganya di rumah, sepertiganya lagi waktu luang yaitu bisa di masyarakat dan tempat aktifitas lainnya, di antara waktu luang itu anak-anak ada di rumah ibadah diharapkan di tempat ibadah ini anak mendapatkan ruang, bukan disisihkan, karena kita tahu anak itu dunianya dunia bermain, perlu terus diasah tentang karakternya, nah sering kali anak itu di tempat ibadah dianggap sebagai pengganggu kekhusukan orang beribadah sehingga mendapatkan kekerasan verbal cacian atau hardikan inilah yang kita coba dicarikan solusinya bagaimana anak itu mencintai tempat ibadah," jelasnya.

Kosyim mengatakan bahwa pada perayaan Hari Anak Nasional (HAN) bulan Juli mendatang pihaknya sudah merilis beberapa rumah ibadah ramah anak di Kota Balikpapan.

"Ini ada forum Puspa yang melakukan penggerakan supaya kegiatan ini bisa terlaksana, saya harapkan nanti pada saat Hari Anak Nasional (HAN) tanggal 23 Juli diharapkan di situlah kita launching rumah ibadah ramah anak," ucapnya diakhir wawancara.(**moe/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di