Pemkab Paser Tunggu Kepastian dari Kemendagri

Terkait Pinjaman Rp 600 M untuk Bangun Infrastruktur


08 Jan 2022, 09:10:28 WIB

Pemkab Paser Tunggu Kepastian dari Kemendagri

Katsul Wijaya


TANA PASER- Berkaitan den­gan pinjaman Rp 600 miliar ke­pada Bankaltimtara yang telah disetujui DPRD Paser melalui si­dang paripurna sebelumnya, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Paser masih menunggu reko­mendasi dari Dirjen Bina Keuan­gan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 Sekretaris Daerah (Sekda) Paser, Katsul Wijaya men­egaskan, pemda telah me­lengkapi penyelesaian per­syaratan dan dokumen yang diperlukan.

“Kalau kami (pemda) su­dah selesai di tahap pengu­sulan. Saat ini masih nunggu rekomendasi itu. Jika sudah selesai akan ditindaklanjuti bersama dengan Bankaltimt­ara,” kata Katsul Wijaya, Ju­mat (7/1).

Katsul melanjutkan, jika nantinya rekomendasi belum keluar, dengan terpaksa pem­kab belum bisa merealisasi­kan rencana kerja yang telah tertuang dalam APBD 2022.

“Kegiatan-kegiatan itu akan disesuaikan dengan apa yang menjadi rekomendasi dari kementerian,” tuturnya.

Katsul belum dapat me­mastikan cepat atau lam­batnya pinjaman yang bakal keluar melalui rekomendasi tersebut. Pasalnya, saat ini masih menunggu. Dia tetap berpegang dengan nilai Rp 600 miliar. Walaupun terjadi pengurangan nilai, dia bakal langsung menyesuaikan.

Nantinya pinjaman terse­but akan digunakan untuk pembenahan insfratruktur jalan, jika berkurang, maka otomatis ada yang tidak ter­laksanakan.

“Tentunya nanti akan diba­has kembali oleh pemerin­tah daerah,” kata Katsul yang merupakan Ketua Tim Ang­garan Pemerintah Daerah (TAPD) Paser.

Katsul berharap kemen­terian dapat mempercepat proses rekomendasi tersebut agar segera dapat direalisasi­kan. Bupati Paser dr.Fahmi Fadli dalam hal ini ingin se­cepat mungkin menyelesai­kan infrastruktur jalan yang saat ini banyak dikeluhkan masyarakat.

Pemkab pun secara in­tens berkomunikasi melalui sambungan telepon maupun WhatsApp guna menindak­lanjuti rekomendasi pinja­man tersebut.

“Kami selalu intens berko­munikasi dengan kemente­rian. Semua persyaratan pun sudah lengkap. Sehingga masih dalam tahap verifikasi di kementerian,” tutup Kat­sul. (tom/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di