Pembunuh Yuda Ditangkap di Balikpapan




17 Jul 2021, 09:26:11 WIB

Pembunuh Yuda Ditangkap di Balikpapan

DITAHAN: Tersangka R digiring petugas saat kasus pembunuhan yang dilakukannya dirilis di Polres Paser, kemarin (16/7).


TANA PASER-Tidak butuh waktu lama bagi Satreskrim Polres Paser bersama tim gabungan Jatanras Polda Kaltim untuk mengamankan R (35) warga Desa Dama, Kecamatan Sa­marinda Hilir, Samarinda. R adalah pelaku pembunuhan kuli bangunan, Yuda, di bawah tower stasiun radio di Desa Jone, Kecamatan Tanah Gro­got. Hal tersebutdibenarkan Kapolres Paser, AKBP Eko Susanto melalui Kasat Reskrim Polres Paser, AKP Dedik San­toso saat melakukan konferensipers di halaman Mapolres Paser, Jumat (16/7).

Dedik mengatakan, pada Kamis (15/7) sekitar pukul 10.00 Wita pihaknya mendapatkan Infromasi dari masyarakat bahwa ada orang yang dicurigai sebagai pelaku pem­bunuhan atau penganiayaan di Desa Jone. Kemudian pihaknyam elapor­kan hal tersebut kepada Kapolres yang memerintahkan untuk segera dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Tim Opsnal Satreskrim Paser segera berangkat ke Balikpapan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut dan berkoordinasi dengan Intelmob Kompi 2 Yon C Pelopor dan dengan tim Jatanras Polda Kaltim,” ujar Dedik.

Tim gabungan lebih dulu mengamankan saksi bernama Udai Pratama yang merupakan rekan dari tersangka R. Kemudian setelah dilakukan interogasi, tim gabungan mendapatkan informasi keberadaan tersangka R di Stadion Batakan Balikpapan dan segera melakukan penangkapan.

“Setelah tersangka R berhasil kami amankan, tersangka dan saksi kami bawa ke Posko Jatanras Polda Kaltim untuk dilakukan interogasi.Tersangka R mengakui perbuatannya menganiaya korban hingga tewas. Tersangka kemudian dibawa ke Polres Paser untuk proses lebih lanjut. Pada saat dilakukan penangkapan, tersangka tidak melakukan perlawanan,” paparnya.

Dedik menambahkan, setelah melakukan pendalaman, tersangka mengaku sakit hati lantaran selama bekerja bangunan bersama, korban bertindak semena-mena dalam bekerja dan tidak adil melakukan pembagian hasil.

“Dari pengakuan Tersangka R, selama 2 minggu bekerja dengan korban hanya diberikan makan mi instan saja dan di saat melakukan pembagian hasil sangat tidak adil, karena selama bekerja, korban hanya bekerja di saat ada mandor. Dan di saat pembagian hasil, mengambil bagian lebih banyak,” jelasnya.

Didik melanjutkan, tersangka mengaku menghabisi korban dengan cara memukul kepala bagian kiri menggunakan palu gada. Setelah korban tersungkur, tersangka menyeret korban kedalam bangunan di bawah tower dan menutupi badannya dengan pasir.Setelah itu tersangka memukul kembali kepala bagian belakang korban sebanyak 2 kali menggunakan palu gada dan berlanjut memukul badan bagian samping menggunakan cangkul sebanyak 1 kali.

“Tersangka mengaku setelah memukul korban sebanyak 4 kali, tersangka melihat korban masih dalam keadaan kejang-kejang. Setelah itu tersangka bersama saksi melarikan diri menuju Balikpapan,” imbuhnya.

Didik mengatakan, saat ini Polres Paser telah mengamankan barang bukti palu gada dan cangkul yang digunakan tersangka.

“Tersangka terancam Pasal 338 KUH Pidana atau pasal 351 ayat (3) KUH Pidana atau 365 KUHP dengan hukuman penjara selama lima belastahun,” tandasnya. (bp-9/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di