Pembelian BBM Menggunakan Aplikasi Mypertamina Belum Diterapkan di Kaltim




02 Jul 2022, 08:10:14 WIB

Pembelian BBM Menggunakan Aplikasi Mypertamina Belum Diterapkan di Kaltim

ILUSTRASI:Pertamina belum menerapkan pembelian BBM jenis solar dan pertalite di Kaltim menggunakan Aplikasi Mypertamina. (FOTO : ISTIMEWA) Susanto August Satria


BALIKPAPAN-Sebanyak lima provinsi yakni  Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar wajib menggunakan aplikasi MyPertamina, mulai 1 Juli kemarin.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria mengatakan, untuk penerapan MyPertamina di wilayah Kalimantan Timur masih menunggu hasil evaluasi tahap selanjutnya.

Ia menjelaskan, saat ini, untuk wilayah Kalimantan baru diterapkan Kalimantan Selatan, yang masih dalam tahap uji coba dan evaluasi bersama lima provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

"Jadi untuk saat ini, masih tahap uji coba tahap pertama, kita masih monitor dulu, masih evaluasi, dan bahas akan melanjutkan ke provinsi mana. Jadi, untuk Kaltim ini masih tahap monitor dan evaluasi setelah uji coba yang dilaksanakan di lima provinsi diantaranya di wilayah Kalsel," katanya, kepada wartawan, Jumat (1/7).

Dia mengimbau, kepada masyarakat agar penerapan aturan penggunaan aplikasi MyPertamina ini tidak menimbulkan kepanikan, karena kenyamanan transaksi di SPBU tetap dijaga.

Aturan ini, lanjutnya, bertujuan untuk menghindari adanya penyelewengan penggunaan BBM subsidi, caranya yaitu dengan melakukan pendataan kendaraan. Dan dengan kebijakan ini tentunya akan memberikan jaminan kepada masyarakat yang semestinya mendapatkan BBM subsidi.

"Dengan aturan ini, masyarakat bukan diharuskan untuk membeli BBM dengan menggunakan MyPertamina, tapi hanya mendaftarkan kendaraan melalui website subsiditepat.my pertamina.id," terangnya.

"Nanti ada form yang diberikan secara online, siapkan STNK, KTP, foto kendaraan, juga nomor polisinya, yang akan diunggah di dalam form registrasi tersebut. Setelah semua diupload dalam website maka makan dilakukan verifikasi selama 7 hari dan akan diberikan QR code yang identik dengan satu kendaraan," jelasnya.

Dirinya menerangkan QR code yang diperoleh itu dapat digunakan diantaranya dengan print untuk diperlihatkan kepada SPBU, tanpa harus menggunakan aplikasi MyPertamina.

“Jadi yang tidak punya aplikasi MyPertamina juga bisa, tinggal download melalui website,” terangnya.(djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di