Peduli Terhadap Lingkungan, Segera Daftarkan Namanya

Momen HUT Kota, Pemkot Balikpapan Akan Beri Penghargaan 125 Warga Peduli Lingkungan


12 Jan 2022, 08:19:15 WIB

Peduli Terhadap Lingkungan, Segera Daftarkan Namanya

Arbain Side


BALIKPAPAN- Tinggal sepekan lagi. Masyarakat yang mengetahui ada warga yang dianggap peduli terhadap lingkungan bisa segera diusulkan untuk mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan dari Pemerintah Kota (Pemkot). Siapa saja warga yang bisa diusulkan? Bebas. Selama masih tercatat sebagai warga Balikpapan dan memang selama ini dianggap punya kepedulian terhadap lingkungan.

"Bebas siapa saja yang mau diusulkan untuk mendapatkan penghargaan terkait kepedulian terhadap lingkungan. Meskipun kepedulian yang dia dilakukan hanya dalam lingkungan kecil seperti RT atau kelurahan pun tidak masalah, yang penting dia peduli terhadap lingkungan," terang Ketua Umum Panitia HUT ke-125 Kota Balikpapan Tahun 2022, Arbain Side.

Jumlah warga yang rencananya akan diberikan penghargaan atas dedikasinya terhadap lingkungan sebanyak 125 orang. Sesuai dengan angka hari jadi Kota Balikpapan yang sudah mencapai usia 125 tahun. "Pemberian penghargaan ini juga memang bagian dari rangkaian HUT Kota, makanya 125 orang juga yang kita cari sesuai usia kota tercinta," terang Arbain.

Pria yang menjabat Asisten III Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Balikpapan ini menjelaskan bahwa selama ini penghargaan lingkungan cenderung dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Misalnya penghargaan Adipura, Kalpataru hingga Adiwitaya. Namun penghargaan lingkungan untuk 125 orang warga Balikpapan ini diberikan lebih kepada upaya pemerintah kota menghargai warganya yang peduli lingkungan, sekecil apapun yang dilakukan.

"Di lingkungan RT pun kalau ada warga yang tergolong peduli terhadap lingkungan, silahkan diusulkan. Misal selalu rajin bersihkan parit atau drainase secara rutin, suka memungut sampah di jalan, suka menanam pohon dan lain-lain. Nanti dari usulan-usulan itu akan kita seleksi, kalau tidak salah ada 40-an lebih yang sudah mengusulkan. Mudah-mudahan bisa lebih125 orang yang didaftarkkan, nanti kita cek mana yang paling layak untuk mendapatkan penghargaan dari peserta yang ada," terang Arbain.

Syarat pengusulan nama calon penerima penghargaan sangat mudah, yakni berkelakuan baik, berdomisili di Balikpapan. "Karena kita ingin berterimakasih ada usahanya peduli terhadap lingkungan, mengpresiasi mereka dan menjadi motivaai buat yang lain," tandas Arbain.

Hanya saja memang harus secara mandiri dan atas kesadaran sendiri tanpa pamrih dan secara swadaya telah melalukan pelestarian fungsi lingkungan hidup dengan upaya pencegahan, penanggulangan, dan pemulihan kerusakan lingkungan.

"Pendaftaran paling lambat 18 Januari ini. Jadi bebas saja siapa orang yang diusulkan atau diajukan untuk menerima penghargaan tersebut. Bisa dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD, organisasi, swasta serta seluruh masyarakat Balikpapan. Semua bisa mengusulkan nama calonnya beserta bukti pendukung yang telah dia lakukan terhadap lingkungan selama ini. Lewat email saja daftarnya, nanti ada panitia berkompeten yang akan menyeleksi. InsyaAllah akan diberikan (penghargaan) saat peringatan HUT kota nanti," tanda pria yang pernah meraih penghargaan Kalpataru dari Presiden RI atas dedikasinya di Perumahan Atas Air Margasari. (***/die)

 

PENGUNDUHAN FORMULIR :

https://bit.ly/FORMULIRWARGAPEDULILINGKUNGANTAHUN2022

PENGIRIMAN FORMULIR :

sekretariat.dlh.balikpapan@gmail.com

INFORMASI :

Afrizal Rahman, 0813 5000 6224

Septarini Wahyu, 0812 8121 4567

 

Sumber : Panhut Kota Balikpapan 2022




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di