Pastikan Data Penerima Zakat Fitrah

Panitia Kegiatan Ramadan Masjid Agung Nurul Falah Koordinasi ke Para Ketua RT


11 Mei 2021, 09:29:00 WIB

Pastikan Data Penerima Zakat Fitrah

BANTU PENYALURAN: Panitia penerima zakat Masjid Agung Nurul Falah akan menyalurkan zakat yang dikumpulkan di masjid itu


TANA PASER- Panitia Kegiatan Ramadan Masjid Agung Nurul Falah, Minggu (9/5) lalu memanggil sejumlah ketua RT di Kelurahan Tanah Grogot, untuk memastikan siapa saja yang benar-benar berhak menerima zakat fitrah.

Sekretaris panitia Imansyah mengatakan, pihaknya telah memulai membuka penerimaan zakat fitrah, zakat mal, fidyah sejak 29 April lalu. Saat ini pihaknya sedang memastikan siapa saja yang benar-benar berhak menerima, karena banyak data para penerima zakat yang masuk ke Panitia Kegiatan Ramadan Masjid Agung Nurul Falah. Bahkan sampai dari luar Kelurahan Tanah Grogot pun memasukkan datanya ke panitia.

"Tujuan kami para panitia memanggil para ketua RT, untuk memastikan siapa saja yang berhak menerima zakat, dan memberikan pemahaman kepada para ketua RT untuk memasukkan data warganya yang benar-benar menerima sebagian di beberapa masjid yang berada di Kelurahan Tanah Grogot dan tidak terfokus ke pada Masjid Agung saja," ujar Imansyah.

Imansyah menuturkan, apabila semua data para penerima zakat fitrah masuk ke Masjid Agung Nurul Falah, dia memastikan tidak semuanya akan terakomodir. Maka dari itu dia bersama para panitia dan para ketua RT yang berada di Kelurahan Tanah Grogot bersepakat untuk memasukkan sebagian data warganya ke masjid terdekat dengan tempat penerima zakat fitrah.

"Kalau dimasukkan semua ke kita (Masjid Agung), khawatir tidak terakomodir. jadi kami sepakat membuat pola seperti itu," imbuhnya.

Di lihat dari data tahun lalu, sebanyak 8 ton beras dan hampir Rp 100 juta uang tunai yang diterima oleh panitia, baik zakat fitrah,zakat mal, fidyah. Saat itu sebanyak 1.400 orang yang menerima zakat fitrah.

"Di perkirakan tahun ini akan lebih meningkat dibandingkan tahun lalu yang berzakat ke Masjid Agung. Kalau untuk penerimanya kita pastikan dulu siapa yang benar-benar berhak menerima, jangan sampai salah sasaran," tandasnya.

Imansyah menambahkan, pola penyaluran zakat fitrah di tahun ini akan berubah. Yakni lebih cepat disalurkan dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya, agar lebih tepat sasaran dan tidak ada yang terlewatkan. Dan puncaknya para masyarakat yang membayar zakat 1 hari sebelum lebaran. Hal ini menurut kebanyakan masyarakat meyakini bahwa membayar zakat sehari sebelum lebaran akan mendapatkan berkahnya.

Dikarenakan hal itu para panitia merubah pola penyalurannya yang biasanya pada malam sebelum lebaran baru disalurkan, maka pada tahun ini akan lebih awal disalurkannya.

"Mengapa kami membuat pola yang seperti ini? Agar menghindari tumpukan zakat yang belum tersalurkan dan meningkatkan kinerja para pengurus ataupun panitia di Masjid Agung Nurul Falah di tahun ini dan di tahun berikutnya," terangnya. (bp-9/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di