Parkir di Pinggir Jalan Akan Ditilang

Satlantas PPU Siapkan Zona Zero Tolerance


11 Mei 2021, 09:28:09 WIB

Parkir di Pinggir Jalan Akan Ditilang

Edy Haruna


PENAJAM- Seperti beberapa daerah lain di Kalimantan Timur (Kaltim), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini juga sedang mempersiapkan sebuah program untuk mengajak masyarakat tertib berlalulintas, yaitu program Zona Zero Tolerance (ZZT). Menurut Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres PPU Ajun Komisaris Polisi (AKP) Edy Haruna, pihaknya masih menunggu peresmian dari  Polda Kaltim.

"Rencananya Zona Zero Tolerance nanti masih menunggu keseluruhan dari Polda, mungkin nanti serentak seluruh Kaltim. Namun kawasannya sudah kita tentukan," ujar Edy Haruna, Minggu (9/5).

Kawasan yang dipersiapkan oleh Polres PPU untuk percontohan adalah mulai dari jalan pelabuhan kelotok hingga KM 2 Penajam. Nantinya setelah diberlakukan ZZT ini, masyarakat tidak bisa lagi leluasa melakukan pelanggaran lalu lintas yang kasat mata, di antaranya adalah parkir sembarangan dan jika melanggar akan ditilang.

"Kita di PPU ini kawasan tertib lalu lintas, di bawah itu hanya satu titik, sekitar dua kilometer dari pelabuhan feri sampai Pos PKJR, larangannya di situ. Diusahakan tidak ada pelanggaran seperti yang kasat mata, seperti melawan arus, tidak pakai helm, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, melanggar larangan parkir,” paparnya.

Edy berharap jika nanti ZZT ini berhasil meningkatkan budaya tertib berlalu lintas di PPU, maka ke depan wilayah lain di PPU juga bisa diberlakukan hal yang sama.

"Jadi Zona Zero Tolerance itu kawasan yang dijadikan percontohan, supaya nanti bisa sepanjang jalan orang tertib," tandasnya. (bp-6/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di