Pansus DPRD Rekomendasikan RSP Sepaku Segera Dioperasikan




30 Apr 2020, 09:32:52 WIB

Pansus DPRD Rekomendasikan RSP Sepaku Segera Dioperasikan

RAPAT PARIPURNA: DPRD PPU menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPj Bupati PPU Tahun Anggaran 2019.


Balpos.com, PENAJAM - Rapat Paripurna DPRD Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) digelar sedikit berbeda dari sebelumnya. Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati PPU Tahun Anggaran 2019 dilaksanakan secara teleconference, Rabu (29/4). Di tengah pandemi virus corona atau covid-19, kegiatan yang melibatkan banyak orang dibatasi.

Rapat digelar di gedung paripurna DPRD PPU dihadiri 20 anggota DPRD. Sementara lima anggota lainnya izin dan sakit. Sementara Bupati  Abdul Gafur Mas’ud, Wakil Bupati Hamdam dan Sekkab Tohar mengikuti rapat paripurna melalui teleconference.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD PPU Jhon Kenedi dan didampingi Wakil Ketua I DPRD Raup Muin dan Wakil Ketua II DPRD Hartono Basuki. Dalam rapat tersebut sejumlah rekomendasi yang disampaikan oleh Pansus LKPj Bupati PPU Tahun Anggaran 2019. Ketua Pansus LKPj Zaenal Arifin menyampaikan rekomendasi DPRD ke pemerintah, salah satunya mengenai pengoperasian Rumah Sakit Pratama (RSP) Sepaku. Pasalnya, rumah sakit ini telah selesai dibangun akhir 2017. Pembangunan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp 8,3 miliar. Rumah sakit tipe D yang berlokasi di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku dibangun untuk mendekatkan pelayanan kepada warga. “Pansus LKPj merekomendasikan Rumah Sakit Pratama Sepaku segere dioperasikan,” ujar Zaenal Arifin.

Tak hanya itu, DPRD juga memandang pemerintah perlu memperluas jaringan pelayanan kesehatan masyarakat. Saat ini, hanya ada 11 puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan. Seluruh puskesmas tersebut tidak semuanya mudah diakses oleh masyarakat. Karena pertimbangan jarak. Seperti wilayah pesisir di Kecamatan Penajam yang membutuhkan pembangunan puskesmas. Yakni Kelurahan Gersik, Jenebora dan Pantai Lango.

“DPRD berharap segera merealisasikan pembangunan puskesmas untuk Kelurahan Gersik, Pantai Lango dan Jenebora,” tutur dia.

Zaenal Arifin juga menyampaikan, bahwa untuk layanan kesehatan secara umum relatif baik. Khususnya di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU, pelayanan mulai ada peningkatan. Namun, beberapa keluhan masyatakat perlu menjadi perhatian oleh pihak manajemen rumah sakit. “Keluhan masyarakat atas layanan rumah sakit harus diperhatikan dan dilakukan perbaikan,” ujarnya.

DPRD juga menuntut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk terus meningkatkan layanan kependudukan.  Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang serupa dengan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perlu diadakan untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan pencetakan e-KTP.

“Anjungan Dukcapil Mandiri sebagai alat cetak e-KTP perlu ditempatkan di seluruh kecamatan,” imbuhnya.

Dalam teleconference, Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud menyampaikan, apresiasi kepada DPRD yang telah menyelesaikan pembahasan LKPj Bupati PPU Tahun Anggaran 2019. “Rekomendasi DPRD akan menjadi perhatian pemerintah dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pembinaan masyarakat,” tandasnya. (adv/kad/ono)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di