Omzet Pedagang Pasar Inpres Menurun

Kurangnya Kunjungan Wisatawan Karena Pandemi


18 Feb 2021, 11:16:34 WIB

Omzet Pedagang Pasar Inpres Menurun

MENURUN : Penjualan pusat oleh-oleh khas Kalimantan di Pasar Inpres Kebun Sayur menurun, karena masa pandemi dan tidak adanya wisatawan.


BALIKPAPAN - Kondisi pandemi Covid 19 membuat pengunjung pusat cinderamata Pasar Inpres Kebun Sayur Kecamatan Balikpapan Barat turun drastis.

Hal ini berimbas pada omzet pedagang yang juga tergerus karena pendapatan harian yang mereka peroleh juga menurun dari hari-hari sebelumnya.

Ari salah satu penjual cenderamata khas kalimantan ini mengatakan penurunan penjualan mencapai 80 persen. “Sempat mengalami kenaikan pada Desember lalu, namun tidak ramai, setidaknya lebih baik dibanding saat ini,” ujar Ari saat ditemui media, kemarin.

Pasar Inpres Kebun Sayur yang merupakan pusat oleh-oleh ini dikunjungi oleh berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa hingga penjabat. Bahkan ada pula wisatawan yang sedang menggelar event family gathering di kota Beriman ini. “Kalau ada kegiatan dari perusahaan, sekolah maupun dinas ini bisa penuh dan macet karena ada bis,” ujar Ari.

Pemilik toko Pelangi ini menjual berbagai macam cinderamata seperti kalung, cincin, tas, baju kaos dan daster khas kalimantan yang dikirim langsung dari Banjarmasin.

Selain itu ada pula Nursobah penjual perhiasan yang terbuat dari berbagai jenis batu-batu dan berlian. Mulai dari blue saphire, ruby, jamrud, cat eye, kecubung hingga red borneo.

Dirinya mengaku penurunan penjualan telah mencapai 70 persen mulai Maret 2020. “Pada saat itu lockdown ya, jadi tidak ada pengunjung dari luar,” ujar Nunu.

Penjual di toko Dua Saudara ini mengatakan selama ini lebih banyak melayani pembeli dari luar Balikpapan.

 “Menariknya, tidak semua daerah menjual perhiasan dari berbagai jenis batu seperti ini, pembeli antara memang hobi atau untuk oleh-oleh,” ujarnya. (bp-4/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di