New Normal, Sektor Kuliner Lebih Cepat Bangkit




23 Jun 2020, 12:30:52 WIB

New Normal, Sektor Kuliner Lebih Cepat Bangkit

UMKM: Salah satu sektor yang akan lebih cepat bangkit saat new normal yakni sektor kuliner.


Balpos.com, BALIKPAPAN - Ketua Kamar Dagang dan Industri Kota Balikpapan, Yaser Arafat mengungkapkan sektor usaha yang paling cepat bangkit jika konsep new normal nanti diterapkan.

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Yaser mengungkapkan, merupakan salah satu sektor yang bakal cepat bangkit saat new normal. Apalagi, UMKM kini dibantu dengan majunya teknologi digital.

"Yang saya lihat di sini adalah usaha yang berhubungan dengan sektor hilir. Biasanya seluruh kebijakan ekonomi, baik dari pemerintah maupun swasta, pasti mereka lebih menekankan pada perputarannya cepat. Cash flow-nya bagus," ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

UMKM yang bisa dengan cepat beradaptasi adalah sektor pangan. Hal ini mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Salah satunya adalah makanan siap saji.

"Siap saji ini adalah pelaku UMKM, seperti warung kopi, yang mana harganya terjangkau. Pasti ini akan naik. Kalau segi perlambatan pendapatan pasti terjadi, karena ada protokol covid-19 yang diterapkan," jelas Yaser.

Sektor yang kedua adalah sektor jasa, utamanya informasi dan teknologi. Berbagai lini usaha nantinya akan berpindah ke digital marketing untuk meminimalisasi pengeluaran.

"Tidak hanya dari food and beverage saja, namun juga pola pembayaran. Habis itu pendidikan, nanti akan ada semacam paket untuk pembekalan anak selama di rumah," terangnya.

Penguatan sektor online ini lantaran perdagangan dan jasa akan berubah. Awalnya menggunakan sistem konvensional akan beralih ke virtual digital.

"Itu adalah kebutuhan primer pasca covid-19. Ekonomi harus berubah juga," imbuhnya.

Sektor ketiga yang akan bangkit ketika new normal diterapkan adalah perhotelan. Pelan tapi pasti, bisnis ini akan berjalan seiring banyaknya sektor yang beroperasi kembali.

"Ketika new normal diterapkan, maka akan banyak sektor yang berjalan kembali. Akan ada people exchange, orang datang silih berganti. Orang juga masih takut kos, jadi mereka lebih memilih menginap di hotel yang dari segi kesehatan lebih terjamin," terangnya.

Untuk itu agar sektor tersebut bakal bisa cepat bangkit, maka dibutuhkan dukungan dari otoritas terkait. Misalnya, relaksasi pajak listrik dan air maupun retribusi daerah. (dia/pri)




Moderated by Admin1


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40