Merakyat, Kunci Jajaran Polresta Jaga Kamtibmas

Bagikan Nasi Bungkus Sekaligus Makan Bersama 


30 Jun 2020, 08:18:17 WIB

Merakyat, Kunci Jajaran Polresta Jaga Kamtibmas

JALIN KEHARMONISAN: Personel Polsek Balikpapan Timur mendistribusikan nasi bungkus sekaligus makan bersama warga di Manggar.


Balpos.com, BALIKPAPAN– Jangan heran jika melihat polisi di Balikpapan ikut makan bersama masyarakat. Sebab, Polresta Balikpapan bersama jajarannya memang tengah mengaungkan makan bersama warga. Hal ini dilakukan agar kepolisian bisa merakyat. Karena dengan merakyat diyakini keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Kota Minyak bisa tercipta.

Seperti yang dilakukan Polsek Balikpapan Timur, Sabtu (27/6) lalu. Mereka menyambangi permukiman warga di Jalan Manggar Indah, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur. Di sana para personel kepolisian sektor kecamatan itu membagikan nasi bungkus. Konsumsi ini dibuat di Dapur Umum Polresta Balikpapan.

Memilih kawasan tersebut sebagai lokasi pendistribusian nasi bungkus bukan tanpa alasan. Sebab, sehari sebelumnya kawasan tersebut dilanda musibah banjir akibat hujan deras. “Inilah bentuk perhatian dan kepedulian kami kepada warga yang tertimpa musibah,” terang Kapolsek Balikpapan Timur, FX Suhartanta.

Namun, bukan hanya membagikan nasi bungkus. Aparat kepolisian juga ikut makan nasi bungkus bersama warga yang ada di sana. Dijelaskan Hartanta -panggilan akrab Suhartanta, makan bersama warga ini membentuk kedekatan dan emosional antara Polri dengan masyarakat.

Diharapkannya dengan kegiatan seperti ini masyarakat akan semakin terbuka dalam menyampaikan informasi, baik soal tugas-tugas kepolisian maupun keluh-kesah. Karena dengan begitu kamtibmas akan semakin terjaga.

“Melalui komunikasi langsung dengan warga tanpa ada batasan, merupakan kunci terciptanya kamtibmas yang kondusif,” pungkas Hartanta.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi membenarkan pihaknya tengah menjalin hubungan baik dengan masyarakat lewat makan bersama. Tidak main-main, untuk memuluskan aksi ini Polresta membentuk program khusus yang diberi nama Indahnya Makan Bersama (IMB) Masyarakat.

“Setelah program PSBB (Peduli Sesama Berbagi Berkah) dengan pembagian sembako, saat ini Polresta Balikpapan sedang melakukan pola pendekatan baru melalui program IMB Masyarakat,” ucap Turmudi. (bp-2/cal)




Moderated by Admin1


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40