Mempersempit Celah WB Melarikan Diri

Rutan Tanah Grogot Lakukan Trolling Rutin


01 Jul 2022, 08:44:51 WIB

Mempersempit Celah WB Melarikan Diri

TROLLING: Petugas Rutan Tanah Grogot saat melakukan pemeriksaan tralis besi dan kawat berduri.


PASER- Dalam upaya mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di area Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tanah Grogot, para petugas rutan melakukan kegiatan kontrol keliling (Trolling) rutin. Menurut Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Tanah Grogot Doni Handriansyah saat ditemui, Kamis (30/6), tugas utama sebagai pegawai Rutan adalah menjaga keamanan, dengan melakukan kegiatan trolling secara rutin.

“Hal ini dapat mencegah dan menutup celah-celah yang berpotensi terjadinya pelarian warga binaan (WB),” ujar Doni kemarin.

Menurutnya, hal ini penting untuk dilaksanakan bersama, karena keamanan adalah hal utama dalam bekerja di lapas atau rutan. 

“Kita tidak boleh lengah sedikitpun dan jangan sampai mempersulit pekerjaan kita kedepannya,” kata Doni.

Doni melanjutkan, kegiatan trolling rutin dilakukan setiap hari pada waktu tertentu secara intensif, mulai dari mengecek teralis besi, kawat duri, kunci gembok, dan juga bangunan.

“Trolling merupakan agenda wajib jajaran pengamanan Rutan, baik mengontrol ketertiban kegiatan warga binaan keadaan aman,” ujarnya.

Dalam kegiatan trolling, kata Doni, kegiatan diawali dengan memeriksa teralis besi dan kawat duri, dengan menggunakan alat bantu berupa besi panjang, para petugas menekan setiap bagian dari teralis besi dan kawat duri, untuk mengetahui tralis besi dan kawat duri dalam kondisi baik.

Tak hanya itu, kunci gembok blok hunian WB pun menjadi sasaran. Usai dipastikan semua kunci gembok berfungsi dengan baik, petugas menukar semua kunci dan gembok satu dengan yang lainnya disetiap
kamar hunian WB. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya dan pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).  

Diakhir kegiatan petugas melakukan pengecekan terhadap
sudut-sudut bangunan yang rentan terjadi pelarian serta yang menjadi tempat persembunyian barang terlarang. Pihak Rutan memastikan semua bagian dalam kondisi baik dan aman.

“Alhamdulillah, kami tidak menemukan tanda-tanda yang mencurigakan. Bisa dipastikan bangunan dan  semua yang menyangkut keamanan dalam kondisi baik dan aman,” jelasnya.(tom/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di