Melerai, Pelajar Tewas Kena Tikam




11 Okt 2019, 15:28:17 WIB

Melerai, Pelajar Tewas Kena Tikam

AKIBAT CEKCOK: Dua pelajar HC dan Ri menjadi korban penikaman saat mencoba melerai temannya yang cekcok di Pantai Nipah-Nipah. HC meninggal dunia dan Ri masih menjalani perawatan medis di rumah sakit.


balikpapanPos-online.co.idPENAJAM- Punya niat baik, malah berujung maut. Hal itu yang dialami HC (19) dan Ri (18), dua pelajar kelas XII SMK Pelita Gamma, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Tragisnya, salah satunya harus meregang nyawa. Adalah HC yang tewas terkena tikaman di bagian perut. Sementara Ri harus menjalani perawatan serius di RSUD Ratu Aji Putri Botung akibat terkena tusukan badik di bagian rusuk kiri. Tempat kejadian perkara (TKP) di Coastal Road sekitar Pantai Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Rabu (9/10) malam sekira pukul 23.00 Wita.

Berawal dari AY (19) yang pulang ke rumah kosnya di RT 1 Kelurahan Nipah-Nipah dengan dibonceng temannya, setelah bermain futsal di Jalan Provinsi Km 3,5 Kelurahan Penajam, Rabu (9/10) sekira pukul 10.00 Wita. Namun, sebelum sampai ke kos, AY mencari menuman dingin di sekitar Nipah-Nipah. Namun, warung yang dituju sedang tutup. Kemudian dari samping AY lewat pengendara sambil mengeber-geber motornya dan menoleh ke arah AY. Kemudian AY bersama temannya menyusul masuk ke gang dengan maksud mencari pengendara itu.

Malam harinya, AY memanggil teman-temannya. Mereka bertujuh menuju Pantai Nipah-Nipah, termasuk korban HC dan Ri. Ketika sampai di TKP, sudah ada sekelompok orang yang menunggu di jalan masuk Pantai Nipah-Nipah yang merupakan teman RA. Kemudian AY memarkir kendaraannya. Sekelompok orang tersebut langsung mendekati AY, terjadilah cekcok mulut. Melihat temannya dikerumuni, HC bersama teman-temannya yang lain berusaha melerai agar teman RA tidak melakukan pemukulan terhadap AY. Ketika AY menghindar, tiba-tiba melihat darah bercucuran di perut HC. Dan AY pun langsung melarikan diri ke semak-semak menuju ke rumah kosnya. Ketika sampai di kos, AY mendapat kabar kalau temannya HC dan Ri ditikam oleh kelompok RA.

“Cekcok itu terjadi karena adanya ketersinggungan. Karena pihak terlapor itu gas-gas motor, sehingga pelapor tidak terima. Kemudian malamnya janjian ketemu di Pantai Nipah-Nipah,” kata Kapolres PPU AKBP Sabil Umar, kemarin (10/10).

Ketika itu HC dan Ri langsung dilarikan ke RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU untuk mendapatkan perawatan. Namun, luka tikaman yang sangat parah membuat HC meninggal dunia di rumah sakit pada Kamis (10/10) sekira pukul 01.00 Wita. Sementara Ri yang juga mengalami luka tusuk, masih menjalani perawatan. “Korban dibawa ke rumah sakit dan korban (HC) meninggal dunia jam 1 dini hari,” ujar Sabil.

Pelaku penikaman berinisial RZ (18), warga RT 6 Kelurahan Penajam, melarikan diri ke Balikpapan. Namun, tim gabungan Satreskrim Polres PPU dan Polsek Penajam berhasil membekuk RZ di Balikpapan sekira pukul 02.30 Wita.

“Total tiga orang yang diamankan. tapi, yang ditetapkan tersangka atas penikaman hanya satu orang (RZ). Yang lainnya masih kita dalami. Mereka ditahan karena kasus bawa senjata tajam,” terangnya.

Sabil Umar menekankan, korban meninggal dunia merupakan pelajar SMK Pelita Gamma PPU dan tercatat sebagai warga Muara Toyu, Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser. Siang kemarin, jenazah HC di bawa ke rumah sakit di Balikpapan untuk diotopsi. “Jenazah korban kita bawa ke Balikpapan untuk otopsi. Setelah itu baru jenazah korban diserahkan ke pihak keluarga,” ujarnya.

Tersangka penikaman, RZ telah diamankan di Mapolres PPU untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sabil Umar menegaskan, RZ dijerat Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (kad/cal)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di