Mantap! PPDB Balikpapan Berjalan Lancar




02 Jul 2022, 08:05:38 WIB

Mantap! PPDB Balikpapan Berjalan Lancar

Purnomo


BALIKPAPAN-Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP Negeri di Kota Balikpapan yang dimulai 20 hingga 30 Juni 2022 berjalan lancar. Dimana pada tahun ini, pelaksanaan PPDB tingkat SD dan SMP sama seperti tahun-tahun sebelumnya dilakukan secara online, sesuai dengan peraturan dari Kemendikbudristek.

"Pelaksanaan PPDB kami lakukan secara online dengan harapan bisa tertib pelaksanaannya dan secara tidak langsung memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang teknologi informasi (IT)," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Purnomo kepada wartawan, Jumat (1/7).

Purnomo mengatakan, pelaksanaan PPDB Online di kota Balikpapan hingga saat ini berjalan dengan baik dan lancar, setidaknya tidak ada hal-hal yang menjadi kendala atau menjadi halangan penerimaan peserta didik baru tahun ini.

Dia berharap, semoga anak yang baru masuk sekolah nantinya bisa berjalan dengan lancar dan baik.

“Nanti kita akan tetap melakukan evaluasi, agar kedepannya bisa lebih baik lagi,” katanya.

Terkait dengan hasil dari PPDB online, dari tingkat SD dan SMP, Purnomo belum dapat dipastikan jumlahnya. Pasalnya, pihaknya masih menunggu laporan dari operator. Begitu sudah dapat hasilnya, baru dirapatkan.

"Belum ada tunggu dari laporan masing-masing operator baru kita rekap. Apabila ada kuota sekolah yang belum terpenuhi, maka nantinya akan dibuka kembali pendaftaran khusus jalur afirmasi dan zonasi," terangnya.

Ia menjelaskan, kalau itu sudah tidak ada (jalur afirmasi dan zonasi) yang masuk baru kita buka umum. Itu untuk siapa saja bisa.

"Kami tidak pungkiri, jika SMP Negeri masih belum bisa menampung lulusan dari SD negeri dan swasta," tuturnya.

Dirinya menambahkan, tahun ini lulusan SD negeri 13 ribu, sementara daya tampung SMP negeri hanya enam ribu, sehingga sekolah swasta berperan untuk bisa membantu peserta didik yang tidak tertampung di sekolah negeri.

Selain itu, Purnomo menyampaikan, bahwa program dari Pemerintah Kota Balikpapan saat ini yaitu subsidi SPP dan seragam gratis bagi peserta didik baru tingkat SD dan SMP swasta.

"Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika tidak masuk negeri. Jangan sampai anak tidak sekolah," harapnya.(djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di