Mabes TNI AU Bantu Kembangkan Wisata dengan Komsosdirga




23 Okt 2020, 09:04:57 WIB

Mabes TNI AU Bantu Kembangkan Wisata dengan Komsosdirga

TUGAS KEDIRGANTARAAN: Danlanud Dhomber Balikpapan Letkol Hendrayansyah saat membuka pembekalan Komsosdirga, dilanjutkan penyerahan cenderamata dari Paban 4/Komsosdirga Spotdirga Mabes AU, Kolonel Pnb Bayu GH Kusuma kepada H Rudy Setyawan usai sosialisasi di Lanud Dhomber Balikpapan, kemarin (21/10).


Balpos.com, BALIKPAPAN - Penanganan pandemi Covid-19 benar-benar menguras keuangan daerah. Hampir di seluruh tanah air. Semua APBD kabupaten/kota harus melakukan refocusing anggaran untuk menyisihkan pembiayaan penanganan virus asal Wuhan, Tiongkok ini.

Sejumlah kegiatan fisik maupun pengadaan yang sudah dianggarkan di tahun sebelumnya, terpaksa dipending. Pasalnya, penanganan Covid-19 situasinya sangat urgent.

Bukan hanya menguras anggaran, Covid-19 juga menghantam seluruh sektor, tak terkecuali di bidang kepariwisataan. Sektor ini, harus hidup lagi dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Bahkan harus dikembangkan, agar mampu menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara.

Apalagi di Balikpapan, kota penyangga ibu kota negara (IKN), Penajam Paser Utara (PPU). Dengan status itu, peluang yang sangat besar bisa menggaet wisatawan. Nah, sektor pariwisata yang harus dikembangkan.

Untuk membantu mewujudkan itu, TNI AU punya tanggung jawab itu. Potensi dirgantara pun digaungkan. Hal ini yang disampaikan Paban 4/Komsosdirga Spotdirga Mabes AU, Kolonel Pnb Bayu GH Kusuma saat sosialisasi Pembekalan Komsosdirga kepada komponen masyarakat dalam rangka sinergitas TNI AU dengan masyarakat Kaltim di Bale Samudra, Lanud Dhomber Balikpapan, kemarin (21/10).

Sebagai pembicara utama, Kolonel Pnb Bayu menyebut Balikpapan punya potensi dirgantara yang sangat besar untuk dikembangkan di sektor wisatanya.

“Kenapa saya katakan sangat bisa dilakukan? Karena kota kecil seperti Bondowoso (Jawa Timur) Pariaman (Sumatera Barat) dan Luwuk (Sulawesi Tengah) saja mampu melakukan inovasi pariwisata. Apalagi Balikpapan yang terkenal banyak keunggulannya. Bukan hanya sebagai kota peraih Adipura Kencana, tetapi juga sebagai kota paling dicintai di dunia mengalahkan Paris dan London. Itu sangat layak untuk dibanggakan. Tinggal sektor pariwisatanya dikembangkan, untuk menambah daya tarik,” ungkap Bayu.

Dia juga menyebut Mabes TNI AU juga mendapatkan tugas Presiden mengembangkan potensi kedirgantaraan ini. Apalagi Balikpapan sangat strategis sebagai penyangga IKN, khususnya dari penerbangan. Semua aktivitas di IKN Penajam Paser Utara akan melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

“Bandara sudah  mendukung, tinggal wisatanya. Pantai Manggar atau Lamaru, harus terus melakukan inovasi. Misal ada festival layang-layang, balon udara, flying fish, hingga paramotor,” ungkap Bayu.

Magnet lainnya untuk menarik wisatawan, juga dari bidang UMKM. Nah H Rudy Setyawan, Ketua IMA Kaltim juga didaulat jadi pembicara. Dalam pesan singkat kepada komponen masyarakat, UMKM kini menjadi hal paling diburu di tengah pandemi.

“Semua mau berdagang. Tetapi jangan asal berdagang, harus ditekuni. Tidak bisa instan. Jika ditekuni, pasti sukses,” ujar pemilik rumah makan kepiting Dandito Balikpapan ini.

Lanjut pengusaha yang juga Ketua Dandito Aero Sport (DAS) Balikpapan ini, sektor UMKM memang sepaket dengan pengembangan sektor wisata. Ini karena terkait dengan menarik kunjungan wisatawan.

Sementara itu, pembicara ketiga Kasi Ops Lanud Dhomber Balikpapan lebih mengangkat inovasi teknologi yang bersumber dari potensi yang ditemukan sehari-hari di Balikpapan. Diantaranya memanfaatkan angin dan gelombang air laut.

Di tempat yang sama, Letkol Pnb Danlanud Hendrayansyah S.Sos menegaskan pelaksanaan komunikasi sosial dirgantara (Komsosdirga) sangat penting dilaksanakan. “Komsosdirga ini sagnat penting. Kenapa penting? karena apalagi kita harus mengimbangi kemajuan teknologi yang begitu pesat,” singkat Danlanud Hendrayansyah.

Dalam Komsosdirga, selain danlanud. Hadir pula Kabag Kesra Pemkot Balikpapan, Kepala  Kesbangpol, Dandim diwakili Kasdim, Danlanal, Kapolresta diwakili Wakapolres, Kepala Satrad 223, Kepala Otban, GM Angkasa Pura, GM Airnav Cabang Balikpapan, Kepala BMKG diwakili forecaster dan tokoh masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama hingga ketua RT serta seluruh babinpotdirga, babinsa, bhabinkamtibmas. (rus)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Berita Sehat Bugar

Read More


UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di