Laziz Arabic Resto

Nikmati Kelezatan Cita Rasa Otentik dan Spirit Budaya Timur Tengah


13 Mar 2021, 11:24:50 WIB

Laziz Arabic Resto

JIKA kita mendengar kata Timur Tengah pasti pikiran kita langsung terbang membayangkan pada lagu-lagu dan tarian dinamis. Namun ternyata, negeri Timur Tengah memiliki khasanah kuliner yang tidak kalah beragam dengan yang ada di Indonesia.

Timur Tengah memang identik dengan kebudayaan timur seperti Arab, Yunani, Turki dan dan lainnya. Tapi perlu diketahui bahwa Arab Saudi sebagai salah satu negara besar di wilayah Timur Tengah memiliki berbagai macam kudapan nikmat yang pastinya dijamin halal, jadi tidak perlu khawatir jika kamu ingin mencicipinya.

Kini Laziz Arabic Resto telah hadir di kota Balikpapan dengan menyajikan berbagai makanan-makanan khas Arab yang mampu menggugah selera dan membuat kalian para penikmatnya ketagihan.

Pasangan suami istri, Omar Nasser Omar Al Haidari dan Syarifah Najla Al Balgheits Ba'alawy selaku pemilik Laziz Arabic Resto  dianggap berhasil menyihir masyarakat Balikpapan dengan sajian istimewanya. Padahal, resto ini baru resmi dibuka sejak lebih kurang satu bulan yang lalu.

"Sejak awal dibuka, kami memang ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda di Balikpapan. Apalagi di Balikpapan memang belum ada restoran yang menyajikan makanan-makanan khas Arab atau Timur Tengah yang asli sesungguhnya," ungkap Najla--sapaan akrab Syarifah Najla Al Balgheits Ba'alawy saat ditemui Balikpapan Pos, baru-baru ini.

Najla juga membeberkan, alasan utama dibukanya resto khas Timur Tengah ini adalah karena ingin membahagiakan kedua orangtuanya yang kebetulan memang gemar sekali menyantap makanan Timur Tengah. "Selain ingin mebahagiakan, tentu tak lepas memohon restu juga dari orang tua. Itu yang paling penting. Di sisi lain, kita juga ingin memudahkan para warga Balikpapan yang rindu makanan khas Arab. Bagi yang sudah pernah umroh atau haji, dan juga yang pernah bekerja dan tinggal di Arab, pasti kangen makanan - makanan ini. Maka itu, kita manjakan dan hadirkan langsung di Balikpapan," seru Najla.

Desain interior restoran ini juga sangat kental dengan ornamen-ornamen khas Timur Tengah. Mulai dari lampu, lukisan dan wallpaper hingga menyediakan Sisha khas Timur Tengah. Menariknya, dengan memiliki fasilitas indoor dan outdoor, restoran ini juga menyediakan VIP Room yang berkapasitas 15 orang. Desain di dalam ruangan tersebut juga sangat kental dengan desain rumah Arabic. Dengan gaya duduk lesehan, lengkap dengan bantalan-bantalannya dan juga  pewangi ruangan khas Timur Tengah . 

Najla yang didampingi suaminya, mengungkapkan bahwa untuk menjaga cita rasa otentik khas Arab ternyata pihaknnya juga tidak main-main. Karena bumbu rempah-rempah dan beberapa bahan baku makanannya langsung diimpor dari Arab.

"Contoh kecil saja, untuk kapulaga kita langsung datangkan dari Arab. Karena kualitas kapulaga di sini kecil-kecil dan kurang wangi. Sementara kalau dari Arab itu besar-besar bijinya dan wanginya benar-benar terasa," jelas Najla.

Benar saja, kelezatan rasa makanan yang disajikan memang luar biasa. Para tamu yang datang pun terlihat sangat menikmati setiap suapannya. Sebagian besar para tamu tergiur dengan menu utama makanan Arab yang tak lepas dari daging kambing. Misalnya, Mandhi Lamb, Biryani Lamb, dan Kabshah Lamb.

Daging kambing yang disajikan sangat lezat. Aroma dagingnya sangat menggugah selera dan tekstur dagingnya pun sangat lembut dan juicy sekali. Yang paling penting, dagingnya tidak ada bau sama sekali. Jadi bagi kalian yang awalnya tidak suka daging kambing, di sini bakal ketagihan dan benar-benar nikmat mengunyah daging kambing khas Laziz ini.

"Daging yang kami pakai kualitas utama. Kalau untuk urusan kualitas, kita tidak main-main. Tidak mau sembarangan. Semua kita terbangkan langsung dari luar dan dikirim ke Balikpapan. Jadi benar-benar fresh. Kami sangat detail dan perfeksionis untuk urusan kualitas. Karena ini akan menentukan rasa makanan dan diniikmati lidah para tamu, jadi harus sangat diperhatikan," jelas Najla.

Menu-menu lainnya yang juga terbilang laris manis di Laziz adalah Samosa, Kebab Sandwich dan Mixed Grill. Untuk Mixed Grill ini bisa dinikmati untuk 4 hingga 6 orang karena porsinya memang besar. Satu porsi Mixed Grill ini terdiri dari 2 Lamb Kebab, 2 Chicken Kebab, 2 Shis Taouk, 2 Lamb Awsal yang juga ditambah Pita Bread, Salad dan French Fries.

Sedangkan Samosa mirip martabak mini. Makanan ini terbuat dari daging cincang dan sayuran yang dibungkus adonan kulit bentuk segitiga.

Selain itu, adapula jenis minuman khas Arab. Yakni, Teh Adeni yang merupakan teh susu yang diolah dengan berbagai rempah, sehingga memberikan citarasa hangat dan sedikit pedas. Cara penyajiannya ditabur dengan bubuk kayu manis.

Kemudian, ada Baklava untuk cemilan yang bisa menemani ngobrol santai sore. Baklava adalah kue dari lapisan phyllo pastry yang diisi kacang pistachio, serta dilengkapi dengan minyak zaitun dan madu. "Kita juga menyajikan prosi baklava yang sudah kemasan. Jadi bisa dinikmati bersama keluarga di rumah," tutur Najla.

Bagi warga Balikpapan yang ingin menikmati menu-menu lezat di Laziz ini tidak perlu khawatir soal harga. Karena harga-harga yang ditawarkan Laziz untuk semua menunya sangat terjangkau. Untuk menu Nasi Mandhi, Nasi Biryani dan Nasi Kabhsah dibanderol sekitar Rp 50 ribuan hingga Rp 70 ribuan per porsinya.

"Soal harga, kami juga tidak mau terlalu membebani para tamu. Yang terpenting para tamu bisa merasa puas dan sangat menikmati kelezatan makanan dari kami. Itu yang paling utama," pungkasnya.

Yuk, tunggu apa lagi? Bagi yang rindu makanan khas Timur Tengah tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta, karena makanan-makanan lezat ini bisa langsung dicicipi di Laziz Arabic Resto yang pastinya selalu bikin kalian ketagihan. Selamat makan dan jangan lupa tetap membaca Bismillah sebelum makan  serta selalu jaga protokol kesehatan ya! (cha)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di