Launching Si Pustaka Andal di SMPN 12

Kolaborasi Dispustakar Mendorong Perpustakaan Sekolah Berstandar Nasional


24 Nov 2022, 10:08:37 WIB

Launching Si Pustaka Andal di SMPN 12

TERKELOLA BAIK : Kepala Dispustakar, Sutadi didampingi Kabid Perpustakaan, Kartini dan Wakepsek melaunching Si Pustaka Andal di SMPN 12, Selasa (22/11). Diharapkan nantinya bisa berstandar nasional dengan akreditas A. (FOTO : DISPUSTAKAR)


BALIKPAPAN- Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) kembali me-launching Si Pustaka Andal alias Sistem Tata Kelola Perpustakaan Menuju Standar Nasional. Setelah di SMP Negeri 6 Balikpapan, kini giliran perpustakaan SMP Negeri 12 Balikpapan yang disasar.

Wakil Kepala SMP Negeri 12 Balikpapan, Nur Wahyudi S.Pd mengaku sangat berterimakasih kepada Dispustakar yang sudah melakukan bimbingan terhadap pengelolaan perpustakaan di sekolah yang berada di kawasan Gunung Pasir tersebut. Dia juga meminta maaf, kepala sekolah yang seharusnya hadir namun berhalangan.

"Mohon maaf seyogyanya Pak Kepsek hadir di tengah kita, namun berhalangan. Terimakasih kepada Dispustakar atas program Si Pustaka Anda, bisa dilihat wajah perpustakaan sudah berubah sedemikian rupa," terang Wahyudi.

Pihaknya kembali memohon maaf jika sejauh ini belum maksimal membantu membenahi perpustakaan lantaran sejumlah kendala dan keterbatasan. "Utamanya anggaran, karena kalau tidak dipersiapkan dari awal agak susah. Tapi kita berusaha agar perpustakaan terus kita benahi dan lengkapi, sehingga memenuhi standar nasional," bebernya.

Dia berharap, jika tahun depan ada lomba perpustakaan atau akreditasi, SMP Negeri 12 bisa berusaha semaksimal mungkin menjadi yang terbaik. "Sekali lagi terimakasih Dispustakar," ungkap Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Dispustakar, Sutadi S.Sos MM mengatakan eksekusi program perpustakaan tidak jauh berbeda dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berkaitan dengan penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sejauh ini, hanya sedikit perpustakaan di sekolah baik SMP, SMA, perguruan tinggi yang berstandar nasional.

"Di Balikpapan gak sampai 10 perpusataan yang bagus, hasil akreditasi hanya 6 mendapatkan nilai A, dan 2 perpusataan mendakakan nilai B. Kiga berharap yang sudah kita bimbing, termasuk SMP 12 bisa jadi A nanti," terang Sutadi.

Dengan adanya Si Pustaka Andal, sekolah bisa bersinergi dengan Dispustakar untuk mendorong agar perpusataan bisa berstandar nasional. Diakuinya, memang tidak mudah mengejar akreditasi A, perlu komitmen bersama terutama dari pimpinan.

"Ada SDM bagus, fasilitas lengkap, koleksi bagus tapi kalau ada tida ada komitmen dalam hal ini kepala sekolaj juga sulit. Kalau mau akreditasi C ya segini saja, B seperti ini tapi kalau mau C ya harus begini. Ada standar yang harus dipenuhi. Tapi saya berterimakasih beberapa kepsek mulai fokus membantu bagaimana pengelolaan perpustakaan bisa berstandar nasional," tandas mantan Kepala Diskominfo Balikpapan ini.

Ia juga menginformasikan, bahwa Perpustakaan Balikpapan di Gunung Pasir sudah bertransformasi sebagai pusat kegiatan masyarakat seperti pelatihan-pelatihan, melukis, menulis, komputer dan lainnya. Masyarakat tinggal datang gratis tanpa biaya.

"Generasi mendatang harus rajin membaca dan menulis, memahami dan bisa mengembangkan serta menghasilkan. Tujuan literasi itu. Bukan tingkat literasi kurang tapi sarana dan prasarana juga perlu kita benahi, bagaimana mau literasinya bagus kalau tempat perpustakaannya tidak nyaman, tidak lengkap dan lainnya. Mudahan dengan Si Pustaka Andal bisa berkolaborasi dengan baik," pungkas Sutadi

Di sela launching juga dilaksanakan penandatangan kerjasama antara Dispustakar dan SMP Negeri 12. Pemutaran video sejak awal sebelum dilakukan bimbingan hingga perpustakaan tertata rapi pengelolaannya. Ada juga pengumuman lomba menulis yang diikuti siswa SMP 12 serta penobatan duta baca sepasang siswa yang akan membantu mengkampanyekan literasi di sekolah. (***/die/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di