Kuota Jalur Afirmasi Sudah Terpenuhi

Disdikbud Lega Banyak Calon Peserta Didik Terakomodir


23 Jun 2022, 08:47:18 WIB

Kuota Jalur Afirmasi  Sudah Terpenuhi

ILUSTRASI:Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai ramai di sekolah-sekolah. (FOTO : ISTIMEWA)


BALIKPAPAN--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan hingga saat ini terus memantau proses pendaftaran yang berlangsung di masing-masing sekolah di Kota Balikpapan. Untuk proses verifikasi dan validasi (verval) yang digelar di halaman Disdikbud Kota Balikpapan juga tetap berjalan.

"Alhamdulillah semuanya sampai saat ini lancar, masih on the track. Selama 3 hari ini sudah ada hasil verval sehingga masyarakat sudah bisa mengetahui kekuatan nilai anak-anaknya," ungkap Sekretaris Panitia PPDB 2022/2023, Ganung Pratikno kepada Balikpapan Pos, Rabu (22/6).

Ganung menjelaskan, yang menarik saat ini adalah ketersediaan kuota jalur afirmasi. Awalnya, kuota jalur afirmasi diperkirakan hanya sedikit peminatnya. Namun nyatanya sudah banyak sekolah yang penuh kota afirmasinya.

Diketahui, jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas di kelas insklusif.

Jika pendaftar melebihi kuota maka kuotanya akan ditambah paling banyak 20 persen dengan mengurangi kuota jalur zonasi dan prestasi. Hal ini sudah diatur di dalam petunjuk teknis (juknis) PPDB 2022/2023.

"Jadi memang diamanahkan oleh undang-undang bahwa jalur afirmasi ini harus bisa mengakomodir anak-anak yang kurang mampu dan inklusi. Nyatanya, estimasi kami kuota afirmasi terpenuhi bahkan ada yang melebihi kuota. Jika seperti itu, nanti tinggal mengurangi kuota zonasi," tutur Ganung.

Namun Ganung menambahkan bahwa kondisi ini tidak terjadi di seluruh sekolah, tapi ada beberapa saja. "Ya kami cukup lega, setidaknya banyak anak-anak yang kurang mampu bisa terakomodir," imbuhnya. (cha/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di