KPw BI Launching Sekolah Peduli Rupiah 2019

Diikuti 480 Peserta, 30 Sekolah Dapat Bantuan Dana Edukasi


12 Sep 2019, 14:00:29 WIB

KPw BI  Launching Sekolah Peduli Rupiah 2019

DIRESMIKAN: (Kiri ke kanan) Pengawas SMA/SMK Disdikbud Kaltim Tuti Retnowati, Wali Kota Rizal Effendi, Kepala KPw BI Bimo Epyanto, dan Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin menekan tombol pencanangan SPR 2019, kemarin (11/9).


BALIKPAPAN-Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Balikpapan bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Pemerintah Kota Balikpapan menyelenggarakan program Sekolah Peduli Rupiah (SPR) 2019. Program ini dicanangkan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi ke berbagai kalangan mengenai rupiah, terutama ciri-ciri keaslian uang rupiah (CIKUR), sekaligus kampanye cinta rupiah.

SPR 2019 kemarin (11/9) dibuka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi bersama Kepala KPw BI, Bimo Epyanto di KPw BI, Jalan Jenderal Sudirman. Program SPR 2019 yang mengusung tagline “Pelajar Pejuang Rupiah” ini diikuti oleh tiga puluh sekolah menengah atas/sederajat se-Kota Balikpapan dengan jumlah peserta mencapai 480 orang.

“SPR merupakan program edukasi dan literasi tentang uang rupiah. Hal ini terdiri atas pengenalan ciri-ciri keaslian uang rupiah, dasar hukum mata uang, serta kebanksentralan kepada siswa untuk selanjutnya menjadi duta rupiah yang mengampanyekan cinta rupiah ke masyarakat lebih luas,” kata Kepala KPw BI, Bimo Epyanto.

Pada kegiatan pencanangan Sekolah Peduli Rupiah, BI juga memberikan bantuan berupa uang edukasi kepada tiga puluh sekolah di Kota Balikpapan, masing-masing Rp 3,5 juta. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala KPw BI Balikpapan kepada Komite Pengawas SMA/SMK, disaksikan Wali Kota.

Rangkaian program SPR terdiri dari beberapa lomba yang terdiri dari lomba duta rupiah sebagai lomba utama dan tiga lomba pendukung, yaitu lomba cerdas cermat, lomba mading rupiah 3D, dan lomba dance rupiah yang akan berlangsung pada September hingga November mendatang.

“Diharapkan melalui program SPR, seluruh siswa yang terlibat dapat berkontribusi dalam menjaga dan merawat uang rupiah, yang mana merupakan salah satu lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan ini juga menjadi bagian pembelajaran karakter bagi siswa sebagai duta komunikasi di masyarakat,” lanjutnya.

Ke depan, Bank Indonesia mengharapkan program ini dapat mendukung kampanye cinta rupiah, sehingga uang rupiah yang beredar layak. Selain itu, juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peredaran uang palsu. (dia/ono)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di