KPU dan DPRD Sedang Memproses PAW Almarhum Riri

Budiono : Dasarnya Akte Kematian dari Disdukcapil


17 Apr 2021, 11:03:56 WIB

KPU dan DPRD Sedang Memproses PAW Almarhum Riri

Budiono


BALIKPAPAN-Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) almarhum Riri Saswita Diano dari Fraksi PDI Perjuangan Balikpapan sedang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Sekretariat DPRD Balikpapan.

Menurut Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan Budiono, dasar proses PAW almarhum Riri Saswita Diano yakni akte kematian yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan. Nah, setelah akte kematian diterbitkan maka DPC mengajukan surat ke DPW dan DPP untuk memproses pengganti almarhum Riri Saswita Diano.

“Selain akte kematian dari Disdukcapil ada juga hasil pleno KPU Kota Balikpapan hasil Pileg 2019 di Dapil Balikpapan Tengah yang kami kirim ke DPP. Kemudian DPP membalas dengan Surat Keputusan (SK),” kata Wakil Ketua DPRD Balikpapan ini.
Selanjutnya, kata Budiono, DPC bersurat ke DPRD Kota Balikpapan sesuai dengan SK DPP. Maka nanti DPRD Kota Balikpapan bersurat ke KPU. Setelah mendapat balasan dari KPU. Kemudian DPRD  Balikpapan menyurat ke Wali Kota untuk disampaikan ke Gubernur Kaltim.

“Untuk pengganti almarhum Riri Saswita Diano sesuai dengan pleno KPU Kota Balikpapan di Dapil Balikpapan Tengah. Yakni Suwanto dengan suara terbanyak ketiga dengan perolehan suara kurang lebih 2 ribu,” ujar Budiono.

Sementara itu, Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, mengaku sudah menerima surat permohonan PAW dari DPRD. “Didalam aturan itu KPU diberikan waktu lima hari untuk memproses,” kata Thoha.

Ia menegaskan segera melakukan proses PAW tersebut seperti mengkaji maksud dan tujuan dari surat DPRD itu. “Setelah itu, KPU akan melengkapi data dan nantinya melakukan pemanggilan kepada nama yang dimaksud,” terangnya.

Hal tersebut, lanjut Noor Thoha, dilakukan sebagai bentuk kelayakan yang bersangkutan. Ketika nanti KPU memanggil nama bersangkutan, ada beberapa hal yang akan disampaikan oleh KPU.

Dalam proses verifikasi itu, calon PAW dipastikan dalam keadaan sehat dan dapat menjadi pengganti. Kemudian, secara secara administrasi, diminta untuk melengkapi dokumen yang telah kedaluarsa.

"Dokumen kedaluarsa harus dihidupkan semua. Termasuk keterangan sehat, SKCK, serta surat pengadilan," tuturnya.

Thoha menambahkan, surat dari DPRD pihaknya akan membalas  maksimal lima hari. Selebihnya KPU menyerahkan kepada DPRD karena bukan lagi ranah KPU. Hanyasaja menurut Thoha, setelah surat dari KPU dikirimkan nantinya dari DPRD yang akan mengusulkan ke gubernur untuk pelantikan. (bp-7/vie)




Moderated by BalPos (dika)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di