Konsultasi Puspaga Harapan




21 Sep 2020, 09:22:43 WIB

Konsultasi Puspaga Harapan

Kurnia Rizki, M.Psi., Psikolog


1. TANYA: Saya sudah menikah lebih dari 10 tahun dan dikaruniai anak, tapi seiring waktu pasangan saya sekarang lebih suka berbohong kepada saya apabila keluarganya terlibat dalam suatu masalah, saya sudah memberitahukan dia untuk tidak terlalu banyak terlibat tapi dia selalu emosi karena anggap tidak membantu keluarga, gimana ya supaya nasihat istri saya?

JAWAB: Perlu diketahui ada alasan mengapa pasangan berbohong apalagi untuk hal yang berhubungan dengan keluarganya. Komunikasi menjadi kunci utama dalam membangun hubungan. Unsur terpenting dalam komunikasi antara lain adanya kejujuran, keterbukaan, kepercayaan, pengertian, mendengar aktif, perhatian, empati, dan dilakukan di waktu yang tepat. Selain itu, sebelum kita memilih pasangan menjadi pendamping hidup yang sah pasti akan melewati restu dari keluarga, maka sejauh mana kita dapat memahami pasangan yang terlahir dari keluarga demikian dan apakah kita sudah dapat memahami serta menjalankan komunikasi dengan keluarga pasangan secara tepat?

Jika belum maka perlu lakukan perbaikan diri memahami hal yang tidak kita sukai dari pasangan dan kontribusi apa yang bisa anda lakukan terhadap pasangan. Kita tidak bisa memaksa, memohon, mengendalikan, atau meminta pasangan seperti yang kita harapkan. Belum tentu diri kita juga dapat melakukan seperti apa yang diinginkan pasangan bukan? 

Namun yang dapat kita lakukan adalah mulai lah lakukan kebaikan dari kita sendiri lalu ke pasangan dan lingkungan sekitar dengan menjalin komunikasi yang efektif.

2. TANYA: Saya ingin menambah bimbel untuk anak saya, namun saya bingung apakah bimbel yang sesuai dengan masa depan dia yang dibutuhkan atau yang mengembangkan hobby dan bakat minat anak saya saat ini. Saya khawatir kalau terlalu banyak akan membuat saya pusing akibat kebanyakan bimbel. Mohon bimbingannya.

JAWAB: Minat dan bakat anak dapat dilihat dari usia dini sesuai dengan stimulasi apa yang telah kita berikan. Banyak hal yang dikenalkan atau banyak hal yang kita batasi atau kita larang? Ini juga dapat mempengaruhi kemampuan belajar anak.

Berikan stimulasi ke anak sesuai dengan usianya. Jika masih PAUD atau kelompok bermain apakah sudah tepat diberikan bimbel? Bukan kah usia tersebut adalah usia bermain? Dimana bermain juga melatih kemampuan belajarnya dari aspek kognitif, emosi, sosial, dan motorik.

Namun jika anak sudah SD atau SMP juga berikan sesuai kebutuhan mereka. Tidak melulu bimbel, secara akademis adalah hal yang terbaik buat mengembangkan kemampuan belajar anak, akan tetapi kecerdasan emosi dan sosial jauh lebih penting dan akan memberikan dampak terhadap kemampuannya dalam berfikir lebih bijak menentukan keputusan.

Oleh sebab itu, minat dan bakat itu dapat dilatih dan dikembangkan. Sepanjang usianya pasti akan berubah-ubah sesuai minatnya saat itu yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Yang terpenting orang tua ikut terlibat dalam mendampingi anak dalam mengembangkan minat bakat, biarkan anak yang memilih, menentukan, dan menjalankan. Orang tua mendukung, ikut terlibat dalam mengembangkan minat bakat anak, dan mendampingi. (pri)




Moderated by Redaksi Balikpapan Pos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di