Komisi III Dukung Dishub Bangun Beberapa Terminal di PPU

Zainal Arifin: Kami Sudah Usulkan Rekayasa Lalulintas


22 Jul 2021, 09:36:57 WIB

Komisi III Dukung Dishub Bangun Beberapa Terminal di PPU

Zainal Arifin IST.


PENAJAM- Upaya mempersiapkan diri menyambut Ibu Kota Negara (IKN) khususnya dalam sarana dan prasarana  transportasi umum saat ini tengah diwacanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Penajam Paser Utara (PPU), dengan rencana pembangunan beberapa terminal angkutan kota (angkot) yang menghubungkan tiap kecamatan yang ada. Langkah tersebut mendapat dukungan dari anggota Komisi III  DPRD PPU, Zainal Arifin S.Pd.

"Saya setuju, karena selama ini ada terminal satu Penajam langsung ke Waru, tapi ke sana-sananya tidak ada terminal. Memang seharusnya ada," ujar Zainal.

Dijelaskan, pihaknya pernah mengusulkan adanya rekayasa lalulintas di PPU untuk menentukan trayek angkutan dalam kabupaten, khususnya bagaimana trayek baru nanti bisa menghidupi pasar di Nenang, karena para pedagang mengeluhkan sepi pembeli.

"Kami juga sempat usulkan rekayasa jalan, agar pedagang di pasar juga ada imbasnya. Kemudian juga angkot yang dari terminal ke pelabuhan ada saling berbagi, paling tidak keluhan pedagang karena  tidak laku bisa ada solusi," tandas Zainal.

Diterangkan, kalau perlu ada terminal di perbatasan PPU dan Paser, dan trayek dari dan menuju Sepaku juga perlu dibentuk. Karena dua trayek tersebut saat ini mengalami kesulitan masyarakat mengaksesnya dengan angkot.

"Toh memang selama ini terminal yang dari Penajam hanya sampai Waru, tidak ada yang sampai Babulu. Menurut saya sampai daerah dekat perbatasan Long Kali sana kalau perlu ada. Selama ini juga akses ke Sepaku yang masih kurang. Adanya bukan dari terminal ke terminal, tetapi dari simpang Silkar itu. Trayek yang untuk ke rumah sakit juga perlu dipikirkan lagi, karena selama ini mereka harus berputar," tutupnya. (bp-6/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos 2


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di