Kas Daerah Pemkot Capai Rp 550 Miliar

Pujiono Bantah Mengendap di Bank, Menunggu Dicairkan


05 Agu 2022, 08:36:04 WIB

Kas Daerah Pemkot Capai Rp 550 Miliar

Pujiono


BALIKPAPAN-Kementerian Keuangan RI mencatat, dana Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengendap di perbankan terus naik dan mencapai Rp 220,95 triliun pada bulan lalu. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti masih tingginya simpanan Pemda tersebut akibat belanja daerah yang belum terakselerasi.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Balikpapan Pujiono menjelaskan, bahwa untuk kota Balikpapan terdapat cash flow sebesar Rp 550 miliar. Dengan jumlah cash flow ini maka sangat baik untuk kota Balikpapan. Namun uang tersebut tidak mengendap, tapi menunggu untuk dicairkan.

Cash flow adalah saldo bersih uang tunai yang masuk dan keluar pada suatu periode tertentu.

"Memang idealnya cash flow itu untuk daerah sebesar Rp 100 hingga Rp300 miliar per daerah. Namun banyak juga daerah masih minus. Sehingga untuk belanja daerah tidak ada dan kas daerah kosong. Ini lah yang butuh perhatian untuk daerah-daerah tersebut," kata Pujiono kepada Balikpapan Pos, Kamis (4/8).

Menurutnya, ada juga daerah yang cash flownya baik, namun belum di belanjakan. Seperti provinsi itukan cash flownya triliunan, kalau kabupaten/kota mungkin sekira dibawah Rp 5 triliunan. Sehingga seharusnya menteri keuangan itu bisa mengatur cash flow di kas daerah. Sehingga belanja daerah bisa terealisasi dengan cepat.

"Bulan Januari hingga Maret itu, biasanya konsolidasi, surat menyurat dan administrasi, sedangkan April hingga Mei itu, biasa lelang, selanjutnya setelah itu, pelaksanaannya. Jika sudah selesai September sudah bisa cair," terangnya.

Dia menyampaikan, cash flow Rp 550 miliar yang ada di kas daerah kota Balikpapan, cash flow yang sudah terarahkan dalam pembelanjaan daerah. Sehingga menunggu dicairkan saja. Jadi tidak disimpan dan tidak mengendap.

"Jadi mungkin percepatan realisasi yang perlu digeber, tapi tidak bisa juga, kalau kegiatan tersebut masuk tahap lelang. Karena ada juga yang dilakukan di bulan Agustus dan September. Sehingga tidak bisa dicairkan," tuturnya.(djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di