Karyawan Curi Besi Sparepart Perusahaan Sendiri

Terbukti, Langsung Diringkus Polisi


01 Jul 2022, 08:33:05 WIB

MALING: Tersangka DA (kanan) sedang dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian usai diamankan di Mapolres Paser.


TANA PASER- Salah perusahaan yang berada di Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser yakni PT Ansaf yang merupakan sub kontraktor dari PT Bumi Petagis, acap kali mengalami kehilangan aset perusahaan berupa besi sparepart alat berat di lokasi kerja.

Atas kejadian yang berulang beberapa kali tersebut, PT Ansaf melalui kuasa hukumnya Kadafi melaporkan peristiwa tersebut kepada Polres Paser pada 20 Juni lalu.

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta melalui Kasatreskrim Polres Paser AKP Supriyadi menyampaikan, berdasarkan laporan dari kuasa hukum PT Ansaf, pihak kepolisian melakukan penyelidikan di lokasi perusahaan. 

“Atas dasar lampiran yang disampaikan kuasa hukum perusahaan, kami langsung membentuk tim dan langsung menelusuri TKP untuk melakukan penyelidikan, serta memanggil beberapa orang karyawan perusahaan untuk dimintai keterangan,” kata AKP Supriyadi, Kamis (30/6). 

Supriyadi melanjutkan, dari hasil penyelidikan pihak kepolisian menduga bahwa pelaku dari hilangnya sejumlah sparepart alat berat tersebut, dilakukan oleh salah satu karyawan di perusahaan tersebut.

Pasalnya berdasarkan keterangan dan kondisi di lokasi, untuk memindahkan alat atau mengangkut barang- barang harus dilakukan oleh orang dalam perusahaan tidak bisa dilakukan oleh orang dari luar perusahaan.

“Dari keterangan beberapa karyawan dan melihat kondisi di lapangan, maka diprediksi pelaku merupakan pekerja di perusahaan tersebut. Dari hasil penyelidikan petugas menetapkan satu karyawan DA (38) sebagai tersangka, dan DA merupakan karyawan internal perusahaan tersebut.

Selanjutnya Satreskrim Polres Paser, kata Supriyadi segera melakukan pengejaran kepada terduga pelaku yang di ketahui berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Karyawan yang kami duga sebagai pelaku pencurian sparepart alat berat ini diketahui berada di Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara,” akunya

Satreskrim Polres Paser segera melakukan kordinasi dengan Polsek setempat untuk melakukan penangkapan terhadap terduga tersangka. Usai diamankan tersangka segera dibawa ke Mapolres Paser untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Berdasarkan keterangan tersangka usai diamankan, tersangka mengaku motif dari aksi pencurian sparepart alat berat tersebut dikarena tersangka ingin membuat seragam untuk karyawan pada departemen yang dia pimpin.

“Pelaku ini sebagai salah satu kepala departemen di perusahaan tersebut, jadi dia ingin membuat seragam untuk anggotanya. Ia sudah mengajukan permohonan kepada pihak perusahaan, namun tidak mendapat persetujuan sehingga ia melakukan aksi pencurian tersebut,” jelasnya.

Supriadi menambahkan, untuk sparepart yang dicuri oleh DA sudah dijual pada pelaku usaha besi tua, dari hasil penjualan tersebut DA memperoleh uang sebesar Rp 4 juta.

“Saat ini kami masih melakukan pendalaman terhadap kasus ini untuk mengetahui apakah akan ada tersangka baru dalam kasus pencurian ini, tersangka kami sangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tambahnya.(tom/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di