Kapal Tagboat Terbakar

Api Diduga Muncul dari Dalam Kamar


25 Sep 2019, 14:09:02 WIB

Kapal Tagboat Terbakar

TERBAKAR : Kapal terbakar di galangan kapal milik PT Asia Adhitama Shipyard (AAS), Jalan Alam Baru Somber, kemarin.


BALIKPAPAN - Para pekerja di galangan kapal milik PT Asia Adhitama Shopyard (AAS) di Jalan Alam Baru, Somber, Balikpapan Utara mendadak panic, Selasa (24/9) siang kemarin. Sebab asap tebal mengepul dan keluar dari salah satu kapal yang tengah dalam perbaikan. Tak lama kemudian timbul api yang berkobar dari dalam sehingga menambah kepanikan dari para pekerja.

Para pekerja lantas berlari dan mencoba melakukan pemadaman dengan alat pemadam kebakaran ringan (apar) maupun cara manual. Namun api masih belum berhasil dijinakkan. Hingga akhirnya para pekerja melaporkan kejadian ini kepada petugas pemadam kebakaran.

Kepala UPT BPBD Balikpapan Utara Teguh Santoso membenarkan adanya laporan tersebut dan langsung menuju lokasi kejadian. Setibanya di lokasi, benar saja sebuah kapal tagboat yang sedang dalam perbaikan ini mengalami kebakaran.

"Iya kami dapat laporan katanya ada kebakaran di kapal, makanya kami langsung ke TKP Nah saat kami kesini itu kondisinya sudah ada api di dalam kapal. Api menghanguskan bagian kamar kapal dan lorong tagbootnya," kata Teguh.

Ditanya soal penyebab kebakaran kapal tersebut Teguh belum bisa memastikannya lantaran masih dalam proses penyelidikan. Namun memang kuat dugaan api berasal dari korsleting listrik didalam kapal hingga akhirnya terjadi kebakaran. "Belum tahu. Penyebab masih dalam penyelidikan, namun yang parah dari dalam kamar. Bisa jadi dari situ apinya," ujarnya.

Dalam peristiwa ini petugas menurunkan sedikitnya dua unit dari UPTD Balikpapan Utara dan dua unit dari UPTD Balikpapan Barat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja salah seorang pekerja mengalami syok akibat melihat api yang langsung membesar. "Tidak ada korban jiwa, namun ada karyawan yang shock, " tuturnya.

Sementara itu saat awak media mencoba mengkonfirmasi pihak yang bertanggung jawab dari PT Asia Adhitama Shipyard tidak ada satupun yang mau diwawancarai dan memilih untuk menghindari awak media dan menutup pintu. (yad/ono)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di