Kajati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum




22 Jun 2022, 08:17:27 WIB

Kajati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

DUTA: Pemilihan duta pelajar sadar hukum jenjang tingkat SLTA dan SLB (Tuna Daksa) tingkat Kabupaten Paser tahun 2022.


PASER- Dalam upaya membangkitkan gairah kalangan generasi muda terkait sadar hukum.

Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, mengelar pemilihan duta pelajar sadar hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) tingkat Kabupaten Paser tahun 2022, bertempat di Ball room Hotel Bumi Paser, Selasa (21/6).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kaltim Taufikqur Rohman, Kepala Kejaksaan Negeri Paser Rajendra D Wiritanaya, Kabid Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Para Juri dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan Kejaksaan Negeri Paser, dan para guru pembimbing beserta peserta pemilihan duta pelajar sadar hukum. 

Terselenggaranya Kegiatan merupakan kerjasama antara Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kaltim Amiek Mulandari, S.H.,M.H mengatakan, kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum di Kaltim merupakan tahun ke 3 dilakukan oleh pihak kejaksaan di 10 Kabupaten/Kota.

Tujuan diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar hukum yang dimulai dari lingkungan pelajar.

Diharapkan dari lingkungan pelajar berkembang ke keluarga, ke masyarakat dan menciptakan kondisi yang tentunya sangat kondusif, pasalnya ketertiban keamanan berawal dari kesadaran akan hukum.

“Jika masyarakat sadar hukum dan ahlak yang baik dan mulia tentunya keamanan dan ketertiban sudah tentu tercapai,” kata Amiek Amiek melanjutkan,dari pelajar yang terpilih menjadi duta sadar hukum akan mendapatkan beasiswa Kaltim tuntas dari Pemerintah Provinsi Kaltim, jadi para pelajar ini akan mendapatkan beasiswa hingga menyelesaikan studinya S1.

“Tentunya akan dimonitor dan di pandu, diharapkan putra daerah Kaltim dapat lebih maju lagi,” ujarnya

Dijelaskan, bagi kriteria pelajar yang dapat mengikuti menjadi peserta pelajar sadar hukum cukup banyak tentunya, dari setiap sekolah telah melakukan seleksi yang ketat lalu perwakilan pelajar dari sekolah mengikuti seleksi lagi sampai tingkat Provisi.

“Pada intinya para juri melihat kriteria pemikiran para pelajar yang mengikuti pemilihan duta ini,” ujarnya Dari beberapa profil peserta yang mengikuti pemilihan duta pelajar sadar hukum ini kata Amiek, sangat luar biasa, terkadang para juri melihat dari sudut pandang mereka tentang hukum lebih luas lagi, dan diluar dugaan para dewan juri, meskipun ada standar dari para dewan juri namun perkembangan dilapangan sangat luar biasa.

“Diharapakan di seluruh indonesia dapat melaksanakan kegiatan ini karena kejakasaan memiliki program bermitra dan berkolaborasi dengan unsur penegak hukum dan instansi lainnya dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya,” harapnya.(tom/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di