Jokowi: Pembangunan IKN Komposisi Alam 80 Persen

Ke IKN, Presiden Kunjungi Persemaian Mentawir dan Bendungan Sepaku


23 Jun 2022, 07:21:03 WIB

Jokowi: Pembangunan IKN Komposisi Alam 80 Persen

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, kemarin (22/6), disambut Gubernur Kaltim, Kapolda, Pangdam, dan lainnya. Dari Balikpapan Presiden Jokowi langsung melihat persemaian Mentawir, kawasan Sepaku. IST.


PENAJAM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan sejumlah menteri melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (22/6). Rombongan bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia 1 sekira pukul 07.15 WIB.

Saat tiba di Balikpapan, presiden disambut Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, dan pejabat lainnya.

Selanjutnya, presiden beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi persemaian bibit pohon yang ada di Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Setibanya di lokasi, presiden menyapa para pemimpin redaksi perusahaan media baik nasional maupun lokal yang kebetulan diundang dalam kegiatan tersebut.

Kemudian presiden beserta rombongan dan juga para pemred melihat persemaian beberapa jenis pohon yang rencananya akan ditanam di wilayah IKN.

Menurut rencana presiden juga akan melihat show off karhutla dan penanggulangan bencana bersama polisi hutan dan Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, rencananya presiden juga akan melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan persemaian mentawir.

Namun kedua rencana tersebut tidak jadi dilaksanakan karena presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Bendungan Sepaku.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menuturkan, pembangunan persemaian Mentawir merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah dalam menata lingkungan, utamanya di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara yang ada di Sepaku.

"Kita mau menunjukkan bahwa kita serius urusan lingkungan, itu serius. Justru kita enggak bangun di sini itu lingkungan makin rusak. Itu saja yang harus digarisbawahi," jelas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menerangkan, dalam pembangunan IKN menargetkan komposisi alam nantinya sebesar 75 hingga 80 persen. Hal tersebut sesuai dengan konsep IKN sebagai kota di dalam hutan atau forest city. Bahwa lingkungan menjadi perhatian penting saat ini. Karena ke depan masalah lingkungan akan terus dikejar. Tidak hanya di Provinsi Kalimantan Timur, pemerintah akan menunjukkan keseriusan penanganan masalah lingkungan melalui persemaian di provinsi lain di Kalimantan.

"Kita tunjukkan niat benar kita itu, ya ini. Nanti kalau sudah ada 12 juta, 15 juta (bibit) baru, dan bukan di sini saja, nanti mau kita tunjukkan yang di Kalsel kayak apa, Kalteng kayak apa," imbuhnya.

Lebih lanjut Presiden juga menjelaskan target pemerintah untuk membangun 30 persemaian lain seperti persemaian Rumpin di Kabupaten Bogor.

Pembangunan tersebut rencananya akan difokuskan pada wilayah dengan industri pertambangan yang banyak.

"Yang banyak nanti di Kalimantan, Sumatera, yang banyak tambang, karena saya wajibkan dari penambang sama sawit," jelas  Jokowi. (jam/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di