Hutan Mangrove Margomulyo Masih Sepi Pengunjung

Doortje : PPKM Mikro Senin-Sabtu Dibuka, Minggu Ditutup


12 Mar 2021, 12:25:34 WIB

Hutan Mangrove Margomulyo Masih Sepi Pengunjung

SEPI PENGUNJUNG:Hutan Mangrove di belakang SMU Negeri 8, Jalan AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat.


BALIKAPAN-Sejak pandemi Covid-19 merebak sejumlah objek wisata termasuk di Balikpapan sepi pengunjung karena memang ditutup oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu objek wisata yang ditutup di Balikpapan yakni Hutan Mangrove di belakang SMU Negeri 8, Jalan AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat. Penutupan itu telah berdampak pada menurunya secara drastis pengunjung hutan mangrove tersebut. Apalagi sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro) yang berakhir 13 Maret akan diperpanjang oleh pemerintah hingga 22 Maret.

Penutupan Hutan Mangrove Margomulyo dibenarkan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Tommy Alfianto.

“Sejak pandemi Covid-19 Hutan Mangrove Margomulyo memang ditutup sesuai Surat Edaran Wali Kota Balikpapan, artinya tempat-tempat wisata kayak Pantai Manggar, Kebun Raya Balikpapan (KRB) dan wisata alam lain yang dikelola DLH ditutup sementara,” kata Tommy, kepada Balikpapan Pos, lewat ponselnya, Kamis (11/3).

Kendati sepi pengunjung, namun Tommy mengaku, pengawasan hutan mangrove tersebut tetap dilakukan sebab merupakan  kawasan konservasi atau dilindungi.

“Kami dari DLH tetap melakukan pengawasan, selalu merawatnya dan memelihara. Di sana ada pengawas yakni pak Tego,” ujarnya.

Sementara untuk pemeliharaan katan Tommy, DLH melakukan pemagaran kawasan hutan mangrove guna mengantisipasi adanya perambahan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kami juga merehabilitasi tanaman mangrove yang sudah mati kita lakukan penanaman kembali baik dari pemerintah maupun bantuan dari perusahaan,” tandas Tommy.

Hal senada diungkapkan Pengawas Hutan Mangrove Margomulyo, Tego Wadi, ia mengaku disaat pandemi ada anjuran dari DLH untuk melakukan penutupan kawasan Huta Mangrove Margomulyo.   

“Hari ini (kemarin) pas tanggal merah ada empat orang yang berkunjung,” kata Tego, kepada Balikpapan Pos, di lokasi hutan mangrove.

Ia berharap sejumlah fasilitas atau infrastruktur di kawasan hutan mangrove diperbaiki. Seperti peninggian dan pelebaran jembatan.

“Karena kurang lebar sehingga para pengunjung ketika bertemu agak susah. Apalagi kalau tidak ada yang mau mengalah. Kemudian jembatan perlu ditinggikan supaya tidak terendam air. Lalu jembatan perlu dilebarkan supaya memudahkan pengangkutan sampah. Sekarang sich bisa angkut sampah pakai perahu tapi terlalu jauh dan harus dipikul,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pemuda, Olahraga dan pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan menegaskan beberapa lokasi wisata di Balikpapan masih ditutup saat hari Minggu.

“Sesuai PPKM Mikro, hari minggu masih tutup sampai 13 Maret,” ujar Kepala Disporapar, Doortje Marpaung, kepada awak media, Senin (8/3).

Doortje menambahkan, apakah nanti ada surat edaran lagi, masih menunggu di Disporapar, selama ini pembukaan tempat wisata hanya selama jam kerja mulai Senin hingga Sabtu.

“Minggu masih ditutup mungkin karena puncaknya orang berkerumunan di lokasi wisata, makanya minggu ditutup,”akunya.

Meski begitu Doorjte melihat selama pandemi ini, Pendapat Asli Daerah (PAD) kota Balikpapan tidak terlalu besar, salah satunya terkait dilarang berkerumunan selama pandemi.

“Warga sudah menyadari terkait bahaya berkerumunan, sehingga mereka mulai mengurangi aktivitasnya terutama di lokasi wisata sehingga berimbas pada PAD kota,” ujar Doortje.(bp-8/vie)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di